Wisata edukasi peternakan sapi pun ikut dipromosikan di MTM Padang Panjang

id Minangkabau Travel Mart

Wisata edukasi peternakan sapi pun ikut dipromosikan di MTM Padang Panjang

Minangkabau Travel Mart ke empat akan dipusatkan di Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Dinas Pariwisata Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), mempromosikan usaha peternakan sapi perah sebagai sebuah wisata edukasi dalam Minangkabau Travel Mart (MTM) ke-4.

"Padang Panjang akan jadi pusat pertemuan pelaku bisnis pariwisata yang dinamai MTM. Usaha peternakan sapi perah adalah salah satu yang akan kami promosikan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius di Padang Panjang, Rabu.

Minangkabau Travel Mart adalah kegiatan yang digelar oleh Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia (Asppi) Sumbar untuk mempromosikan pariwisata daerah itu dengan mempertemukan para pelaku di bidang tersebut seperti biro perjalanan, hotel, restauran dan lainnya.

Dijadwalkan MTM ke-4 dilaksanakan pada 2 sampai 5 Oktober 2018 dengan mengangkat tema "Heritage and Creative Industry".

Dalius menerangkan, dipilihnya daerah itu sebagai pusat kegiatan dapat makin membuka peluang berkembangnya usaha pendukung pariwisata.

"Tema tersebut cocok dengan Padang Panjang yang memiliki sejarah kuat dan sejalan dengan usaha pemkot menumbuhkan industri kreatif di sini. Contohnya barang kerajinan dan produk olahan susu sapi, cocok dijadikan oleh-oleh," katanya.

Di samping wisata edukasi ke usaha peternakan sapi perah, pihaknya juga akan mempromosikan produk lainnya berupa atraksi seni, wisata religi dan kuliner tradisional.

Menurutnya, sebagi pusat kegiatan sudah seharusnya kesempatan itu dimanfaatkan semaksimal mungkin karena para pelaku pariwisata yang akan membawa calon tamu berwisata akan hadir langsung untuk melihat keunggulan pariwisata di daerah.

Sebelumnya, MTM pertama dipusatkan di Bukittinggi menjadikan wisata pegunungan sebagai sasaran produksi, MTM ke dua mempromosikan wisata bahari di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kapubaten Kepulauan Mentawai dan MTM ke tiga mengangkat wisata konferensi dan olahraga dipusatkan di Bukittinggi. (*)