Penampilan tari Pasembahan dan tari Topeng pukau warga Slowakia

id Pagelaran seni budaya Indonesia

Penampilan tari Pasembahan dan tari Topeng pukau warga Slowakia

Pagelaran seni budaya Indonesia di Slowakia. (Antara Sumbar/Zeynita Gibbons)

London, (Antaranews Sumbar) - Pagelaran seni budaya yang menampilkan tarian Indonesia antara lain tari Pasembahan dan tari Topeng yang dibawakan Paguyuban Citra, mendapat pujian di gedung teater Radio Televisi Slovakia (RTVS) di Bratislava saat mengisi acara HUT RI ke-73 dan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Slowakia, akhir pekan lalu.

Counsellor Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani, kepada Antara London, Senin mengatakan pagelaran seni budaya yang dibawakan Paguyuban Citra binaan Jenderal (Purn) Agum Gumelar itu juga menampilkan tari Enggang Balian, tari Bubuka dan tari Karepa.

Selain itu, juga ditampilkan pagelaran kain nusantara Indonesia yang terdiri dari kain tenun dan kain batik yang antik dari Iwan Tirta, Obin dan Wira, serta koleksi pribadi Ibu Darwina Pontjo Sutowo.

Acara dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah di antaranya Wakil Menteri Pendidikan, Menteri Ekonomi dan Kepala Kantor Kepresidenan Slowakia, anggota parlemen, duta besar negara sahabat, kalangan pendidikan, pengusaha, media dan alumni penerima beasiswa Indonesia.

Selama acara berlangsung, undangan menyampaikan apresiasi dan mengakui acara itu sangat memukau dan tampil berbeda. Sejumlah tamu menyatakan, selama menghadiri berbagai resepsi diplomatik, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mengemas resepsi dengan cara yang apik dan sangat berkesan.

Para undangan yang belum pernah ke Indonesia, menyatakan keinginannya untuk berwisata ke Indonesia guna melihat secara langsung keragaman budaya, kuliner dan pariwisata Indonesia.

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso dalam sambutannya menyampaikan hubungan kedua negara selama 25 tahun menunjukkan saling dukung di berbagai isu internasional dalam rangka memelihara perdamaian di kawasan dan dunia.

Kedua negara juga telah berkerjasama erat di sembilan bidang area prioritas yang saling menguntungkan terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan budaya melalui berbagai mekanisme. Dikatakannya, sebagaimana dimandatkan Presiden Joko Widodo, kerja sama tersebut dapat diterjemahkan dalam tindak nyata yang dapat dinikmati oleh kedua bangsa dan negara.

Kontribusi signifikan dalam promosi "people to people contact" dan hubungan bilateral kedua negara dengan adanya beasiswa Darmasisa dan beasiswa seni budaya Indonesia yang diikuti sekitar 240 remaja Slowakia.

Sementara itu, Jenderal (Purn) Agum Gumelar selaku anggota Wantimpres mengatakan kedua negara menjalin hubungan dan kerja sama di berbagai sektor agar saling melakukan kunjungan pejabat pemerintah, anggota parlemen, misi dagang, dan kalangan akademisi.

Hal itu memperlihatkan bahwa kedua negara berperan dalam mengembangkan dan memperkuat hubungan bilateralnya. Disebutkan pula produk sepatu Bata dan Java Motor cukup populer di Indonesia.

Perayaan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Slowakia di gedung RTVS dengan tajuk "Indonesian Night" dihadiri sekitar 150 orang.

Gedung RTVS merupakan gedung bersejarah berbentuk piramida terbalik. Di gedung tersebut sering ditampilkan pertunjukan konser-konser klasik berkelas internasional.

Kemeriahan acara pagelaran budaya ditayangkan stasiun TV nasional Slowakia RTVS pada program prime time. Pagelaran budaya Indonesia melibatkan alumni Darmasiswa sebagai model membawakan kain nusantara Indonesia.

Pada akhir pagelaran, para undangan disuguhi makanan dan kue-kue Indonesia, selain itu telah disiapkan cinderamata berupa syal tenun atau batik, brosur mengenai Indonesia dan buku "25th Years Diplomatic Relationship Indonesia-Slovakia: A Brief History".

Dalam rangka memperingati 25 tahun hubungan diplomatik itu, KBRI Bratislava akan mengadakan pameran foto hasil kunjungan mantan menteri luar negeri Slowakia, Pavol Demes, ke Indonesia pada April lalu.

Pameran photo bertema eksebisi "Unity in Diversity", mengambarkan kerukunan kehidupan beragama di Indonesia, yang akan diadakan Oktober mendatang. (*)