Pesisir Selatan dukung pengembangan pariwisata berbasis masyarakat

id mandeh, pariwisata

Pesisir Selatan dukung pengembangan pariwisata berbasis masyarakat

Foto udara kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye/18)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendukung pengembangan pariwisata berbasis masyarakat karena dapat meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup warga setempat.

Kenagarian Sei Nyalo dan Kenagarian Mandeh akan dikembangkan sebagai Community Based Tourism (CBT)agar masyarakatnya berhasil dari sisi ekonomi dengan mengutamakan keterlibatan masyarakat, kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mawardi Roska di Painan, Kamis.

Menurut dia menerapkan konsep community based tourism (CBT) dan responsible tourism yang tepat butuh dukungan sebab sasaran dari program ini adalah masyarakat setempat terutama para pemudanya ,dan dukungan dari Lembaga dan perorangan.

Pihaknya mengapresiasi rencana pengembangan Kawasan Mandeh dengan berbasis kemasyarakatan . Dan memang perlu sebab selain membangun insfrastruktur pemberdayaan kepada masyarakat perlu dilakukan .

Percuma insfrastruktur dibangun namun pola pikir masyarakat tidak berubah dalam menjadi tuan rumah yang baik, kata dia

"Kami mendukung program dari Bina antar budaya dan AFS yang nantinya memberdayakan masyarakat kedua nagari sehingga banyak ide kreatif dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat kedua nagari tersebut, katanya.

pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan mendukung dan apresiasi dengan kepedulian lembaga Bina antar Budaya dan AFS yang nantinya mendatangkan relawan asing dan ikut memberdayakan masyarakat," ujarnya

Menurutnya banyak atraksi dan potensi yang bisa dikembangkan di Kawasan Mandeh.