Kloter I debarkasi Padang tiba 28 Agustus 2018

id haji, debarkasi padang

Kloter I debarkasi Padang tiba 28 Agustus 2018

Rapat persiapan penyambutan jamaah haji Debarkasi Padang di Padang, Senin (27/8) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Jamaah haji kelompok terbang I Debarkasi Padang, Sumatera Barat, dijadwalkan tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman pada Selasa 28 Agustus 2018 pukul 00.05 WIB.

"Tiba di Bandara Internasional Minangkabau, seluruh jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Tabing untuk kemudian dilepas secara simbolis kepada panitia daerah," kata Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hendri di Padang, Senin pada rapat persiapan penyambutan kedatangan jamaah haji.

Ia menyampaikan setelah mendarat jamaah dinaikan ke bus dan setelah melewati proses imigrasi dibawa ke Asrama Haji Tabing.

Semua jamaah juga akan memperoleh air zam zam sebanyak lima liter yang dibagikan di asrama haji.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Debarkasi Haji Padang dr Jalil Alfani menyampaikan tiba di Asrama Haji Tabing Padang jamaah harus melewati pendeteksi suhu (thermal scaner) untuk mencek suhu tubuh dan antisipasi kemungkinan tertular penyakit dari Tanah Suci.

"Karena Arab Saudi merupakan daerah endemis beberapa penyakit, untuk mengantisipasi semua jamaah yang tiba harus melewati alat pendeteksi suhu untuk memastikan suhu tubuhnya normal," kata dia.

Menurutnya jika ada jamaah yang suhu tubuhnya terdeteksi diatas 38 derajat celcius akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh tim medis di poliklinik Asrama Haji Tabing.

Hal itu dilakukan untuk memastikan jamaah tidak menderita penyakit tertentu dan jika ditemukan ada gejala dapat diambil tindakan yang lebih awal untuk mencegah dampaknya dengan memberikan pengobatan, ujar dia.

Kloter pertama Debarkasi Padang berjumlah 392 orang yang semua jamaah berasal dari kota Padang dengan jamaah tertua bernama Sabarudin Maisin usia 80 tahun dan termuda Alvin Rianda usia 16 tahun.

Total calon jamaah haji yang pulang melalui debarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji. (*)