PDIKM dijadikan lokasi "outdoor learning"

id Pariwisata padang panjang

PDIKM dijadikan lokasi "outdoor learning"

Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius. (dokumen pribadi)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Objek wisata Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Padang Panjang, dapat dijadikan sebagai lokasi outdoor learning bagi institusi pendidikan atau lainnya.

"Sesuai harapan kami, PDIKM bisa berfungsi sebagai tujuan kegiatan pendidikan bagi institusi dan siapapun secara luas," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius di Padang Panjang, Jumat.

Ia menerangkan PDIKM telah ditata hingga menjadi indah dan nyaman didukung fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Selain memiliki koleksi informasi sejarah Minangkabau, terdapat halaman luas dengan taman asri, gelanggang, panggung teater, sound system, toilet, mushalla, parkir kendaraan, shopping galery, pakaian adat dan layanan internet gratis.

Beberapa waktu lalu, Perguruan Diniyyah Puteri yang disebut sebagai perguruan khusus perempuan pertama di Indonesia menjadikan lokasi itu sebagai tempat outdoor learning bagi para santriwati.

Menurutnya hal itu juga menunjukkan bahwa PDIKM bisa menjadi penunjang aktivitas pendidikan Islam khususnya di Padang Panjang.

Dengan dukungan fasilitas yang sudah ada seperti panggung teater dan gelanggang, Dalius menyebutkan Dinas Pariwisata juga memiliki program menggandeng Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga setempat agar mengarahkan siswa menyalurkan kreativitas di sarana tersebut.

"Bagi yang memiliki kemampuan seni dapat menampilkannya di panggung terbuka PDIKM. Ini masih berkaitan dengan kegiatan outdoor learning," ujarnya.

Kreativitas siswa di panggung terbuka tersebut dapat menjadi sebuah hiburan tambahan bagi pengunjung yang sedang singgah untuk mengenal sejarah Minangkabau di PDIKM.

"Jadi di samping mereka makin dekat dengan seni dan disaksikan oleh pengunjung juga akan menambah rasa percaya diri dan mendorong mereka menyibukkan diri belajar seni," katanya. (*)