Polres Solok Kota luncurkan "traffic management center"

id Traffic Management Center,Polres Solok Kota

Polres Solok Kota luncurkan "traffic management center"

Kasatlantas Polres Solok Kota, Iptu Rifaizal Samual menjelaskan bagaimana penggunaan TMC. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Polres Solok Kota, Sumatera Barat, melalui Satuan Lalu lintas meluncurkan Traffic Management Center (TMC) guna memudahkan pengawasan lalu lintas di daerah itu, Rabu.

Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan didampingi Kasatlantas Iptu Rifaizal Samual mengatakan Traffic Management Center ini dalam rangka mengaplikasikan program Kapolda Sumatera Barat untuk meningkatkan kinerja pelayanan Polri, khususnya di bidang lalu lintas.

Ia mengatakan TMC ditandai dengan pemasangan 11 unit closed circuit television (CCTV) di lokasi rawan macet di Kota Solok.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan pada saat upacara HUT Bhayangkara ke-72," katanya.

Ia menjelaskan sarana ini dibangun dengan menggunakan teknologi komputer yang terintegrasi dan dapat membantu kecepatan informasi yang disampaikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

Sehingga nantinya dapat membantu kinerja Polisi Lalu Lintas dalam menangani kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas secara cepat dan profesional.

"Satlantas sekarang mudah mengawasi lalu lintas. Petugas cukup memantau CCTV di ruang TMC sehingga terlihat jika arus lalu lintas terjadi kemacetan," katanya.

Menurutnya, Satlantas dalam memasang CCTV untuk keperluan TMC tidak sembarangan. Petugas melakukan analisis di lapangan terlebih dulu sebelum akhirnya memasang perangkat CCTV tersebut.

Ia menjelaskan 11 CCTV tersebut dipasang di Simpang Koramil dua unit dengan dua arah, Simpang Samsidar dua unit, Simpang Bandar Pandung dua unit, Simpang Karya dua unit.

Selain itu, Simpang SMP N1 satu unit, Simpang Rumbio satu unit, dan Simpang Denpal satu unit.

Satlantas setempat juga akan menambah jumlah kamera CCTV di beberapa titik untuk memaksimalkan TMC ini, dan akan mengoneksikan ke Ditlantas Polda Sumbar untuk memperkuat monitoring jalan raya di Kabupaten atau Kota, Sumatera Barat. (*)