Irdinansyah Tarmizi harapkan pelajar tertarik ke perpustakaan

id Perpustakaan, literasi, minat baca, tanah datar

Irdinansyah Tarmizi harapkan pelajar tertarik ke perpustakaan

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antar Sumbar/Syahrul R.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) Irdinansyah Tarmizi mengharapkan para siswa yang ada di daerah tersebut semakin memiliki ketertarikan untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan.

"Hal yang paling penting adalah bagaimana perpustakaan dapat diminati oleh siswa dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuannya," katanya di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan keberadaan perpustakaan di sekolah tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa untuk menimba ilmu, bahkan juga guru dan semua unsur yang ada di sekolah itu.

Selain itu ia juga mengharapkan agar sekolah dapat melakukan terobosan-terobosan baru dengan melibatkan pihak lain, seperti orang tua murid.

Ia mengatakan orang tua murid juga diajak untuk menyumbangkan dan meminjamkan buku koleksinya yang ada di rumahnya sehingga meningkatkan jumlah sumber informasi untuk pembaca.

Selain itu Irdinansyah menyebutkan InsyaAllah salah satu perpustakaan sekolah yang ada di daerah tersebut, yaitu perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab akan mewakili Sumbar untuk bersaing di tingkat nasional.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA 1 sungai Tarab, Bulkarnaini Nur mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan minat baca di sekolahnya.

Menurut dia setiap akhir semester pihaknya memberikan penghargaan kepada siswa dan majelis yang sering berkunjung ke perpustakaan berupa piagam penghargaan.

Ia menyebutkan semua upaya itu ia lakukan guna menarik minat pelajar agar berkunjung ke perpustakaan serta untuk meningkatkan minat baca mereka.

"Semua itu kami lakukan untuk mewujudkan visi misi perpustakan SMAN 1 Sungai Tarab, yaitu menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi dan tempat menyenangkan untuk menambah ilmu serta membaca sebagai kebutuhan,” katanya (*)