Penumpang Kereta Api Bandara Naik 1.200 Persen

id Liburan

Penumpang Kereta Api Bandara Naik 1.200 Persen

Penumpang mengantre naik KA Bandara (Melani Friati)

Padang,(Antaranews Sumbar)- Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres, menjadi alternatif libur Lebaran warga dan perantau di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dengan membayar tiket seharga sepuluh ribu rupiah, penumpang kereta api dapat menikmati perjalanan dari pusat Kota Padang, menuju Bandara Internasional Minangkabau, di kabupaten Padang Pariaman.

"Selain untuk wisata keluarga, kereta api bandara juga dimanfaatkan warga yang kehabisan tiket ke Pariaman di stasiun simpang haru Padang", kata Kepala Stasiun Simpang Haru, Afrizal di Padang, Selasa, (19/6).

Afrizal menyebutkan, sejak hari kedua Lebaran, penumpang kereta api baik kereta api bandara Minagkabau Ekspres, maupun kereta api wisata Sibinuang rute Pariaman mengalami peningkatan yang signifikan.

Di hari biasa, jumlah penumpang kereta api Minangkabau Ekspres, hanya sekitar 30 penumpang dalam satu kali keberangkatan. Namun, pada libur Lebaran ini, jumlah penumpang mencapai 390 orang, dalam sekali keberangkatan atau terisi penuh. Jumlah kenaikan penumpang ini mencapai 1.200 persen, atau naik 13 kali lipat dibanding hari biasa, jelasnya.

Kereta Api bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo belum lama ini, melakukan lima kali perjalanan pulang-pergi dalam sehari, yakni dari stasiun simpang haru Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau, serta berhenti di dua stasiun, yakni stasiun Tabing, dan stasiun Duku.

Sedangkan untuk kereta api wisata Sibinuang, juga terjadi kenaikan jumlah penumpang sebanyak 40 persen selama libur Lebaran. Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, PT. KAI menambah satu gerbong kereta Sibinuang, untuk memenuhi kebutuhan. Penambahan rangkaian kereta api dilakukan sejak h+ 2 Lebaran.

Afrizal menambahkan, KA Sibinuang dihari biasa hanya terisi tiga gerbong, dari lima rangkaian gerbong, atau terisi 60 sampai 70 persen. Namun, pada saat ini KA Sibinuang 1 dan 2, mengangkut penumpang sekitar 800 orang sekali jalan, atau terisi penuh.

PT. KAI (persero) memprediksi, kenaikan jumlah penumpang tersebut bakal berlangsung selama masa libur bersama.Sementara untuk operasi Lebaran 2018, akan berlangsung hingga tanggal 26 Juni 2018. *