Memasuki arus balik ini fokus pengamanan polisi

id kapolda sumbar

Memasuki arus balik ini fokus pengamanan polisi

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal. (Antara Sumbar/Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Simbar ) - Kapolda Sumatera Barat menginstruksikan jajarannya untuk mempersiapkan pengamanan menghadapi lonjakan kendaraan pada arus balik serta melakukan penjagaan di jalan - jalan menuju destinasi wisata yang mulai ramai pada libur Lebaran.

"Arus mudik di Sumbar lancar. Kalau tahun lalu sempat stuck, tahun ini jalur Padang-Bukittinggi rata-rata 2,5 jam saja. Tinggal arus balik ini, semoga tetap lancar," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal di Padang, Sabtu

Kapolda menyebutkan, khusus untuk arus balik yang menjadi titik-titik fokus pengawasan masih sama dengan arus mudik yakni jalur Padang-Bukittinggi, lintas Limapuluh Kota menuju Riau, lintas tengah Sumatera melalui Solok dan Dharmasraya, serta lintas Padang menuju Pesisir Selatan.

"Di jalur-jalur tersebut, selama arus mudik terpantau lancar, semoga diarus balik nanti juga seperti itu telebih pada jalur-jalur yang dekat dengan objek wisata," ujar Fakhrizal.

Berdasarkan data yang dirangkum Polda Sumbar, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Sumbar dari arah Pekanbaru, Riau pada H-1 Lebaran kemarin sebanyak 876 kendaraan roda 4 per jam. Angka ini naik dibanding kalkulasi pada H-2 sebanyak 670 kendaraan per jam.

Sementara kendaraan roda 4 yang masuk Sumbar melalui jalur Dharmasraya sebanyak 388 kendaraan per jam, turun 10 persen dibanding H-2 sebanyak 430 kendaraan per jam.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga mengapresiasi kinerja kepolisian yang bisa membuat arus mudik di Sumbar pada tahun ini lebih lancar. Ia berharap, situasi kondusif akan menerus hingga arus balik nanti.

"Saya berterimakasih sekali, alhamdulillah tahun ini dapat terurai dengan baik, mudah-mudahan ini bisa terkendali pada arus balik nanti," kata dia.