Fasilitas Unit Transfusi Darah di RSUD Pirngadi Medan dilengkapi

id transfusi darah

Fasilitas Unit Transfusi Darah di RSUD Pirngadi Medan dilengkapi

donor darah. (FOTO ANTARA/Arif Pribadi)

Salah satunya adalah dengan mengembangkan instalasi unit transpusi darah, dengan harapan unit itu nantinya dapat bertanggung jawab atas tersedianya darah dalam jumlah yang cukup, berkualitas serta aman untuk digunakan, sehingga dapat mendukung pelaya
Medan, (Antaranews Sumbar) - Berbagai fasilitas kesehatan unit tranfusi darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan dilengkapi sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, di Medan, Selasa, saat peresmian instalasi unit transfusi darah RSUD Dr. Pirngadii tersebut mengatakan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit yang semakin berkualitas, Pemerintah Kota Medan melalui manajemen RS itu terus melakukan inovasi pelayanan yang semakin baik

Salah satunya adalah dengan mengembangkan instalasi unit transpusi darah, dengan harapan unit itu nantinya dapat bertanggung jawab atas tersedianya darah dalam jumlah yang cukup, berkualitas serta aman untuk digunakan, sehingga dapat mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi pada masa mendatang.

Disamping itu, Pemkot Medan juga telah berencana melakukan pengembangan dan pembangunan RSUD Dr Pirngadi Kota Medan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang saat ini sedang dalam penyusunan final business case (FBC) yang difasilitasi oleh Kementerian Keuangan RI.

"Rencananya kita akan membangun wing baru, renovasi total gedung lama dengan tetap mempertahankan bagian dari arsitektur heritage, mengembangkan sistem informasi manajemen rumah sakit, serta menambah beberapa alat-alat kesehatan yang lebih memadai sehingga dapat mendukung pelayanan unggulan rumah sakit," katanya.

Untuk itu ia sangat mengharapkan dukungan dari Kementerian Kesehatan terutama untuk pengadaan alat-alat kesehatan.

Hal itu sangat penting, sebab bila fisik bangunan nantinya sudah diperbaiki, maka harus didukung dengan alat kesehatan yang baik dan berkualitas, sehingga rumah sakit milik Pemkot Medan itu memiliki nilai saing terhadap rumah sakit lainnya di Indonesia maupun di luar negeri.

Sementara Dirut RSUD dr Pirngadi Kota Medan dr Suryadi Panjaitan, mengatakan, Instalasi Unit Transpusi Darah itu dibangun untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat, sebab kebutuhan darah di RSUD Dr Pirngadi Kota Medan mencapai 1.000 kantung setiap bulan sehingga perlu dibangun unit instalasi darah itu.

Disamping itu, dalam kesempatan itu juga diluncurkan enam aplikasi online yang akan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat salah satunya berupa pendaftaran pasien secara online.

"Selain itu ada juga bantuan bus pegawai dari Bank Sumut, pemberian bantuan perlengkapan komputer dari Bank Mandiri, dan renovasi ruangan dari PT. Kimia Farma," katanya.(*)