UNP buka 15 program studi kelas internasional, mulai 2018

id UNP

Rektor UNP Prof. Ganefri didampingi para wakil rektor (ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang pada tahun ajaran 2018/2019 membuka sebanyak 15 program studi kelas internasional untuk strata satu (S1), yang dirancang khusus guna meningkatkan mutu lulusan dan merealisasaikan visi UNP menjadi universitas unggul di kawasan Asia Tenggara pada 2020.

“Kita yakin melalui program kelas internasional ini, lulusan UNP memiliki pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan bahasa asing sehingga mampu bersaing di era pasar bebas. Nanti mahasiswa diupayakan memiliki pengalaman belajar di luar negeri (international exposure)," kata Rektor UNP Prof Ganefri, didampingi Wakil Rektor I, Prof Yunia Wardi, Kamis.

Ia menjelaskan, tujuan mahasiswa punya pengalaman belajar luar negeri, seperti program SEA Teacher dan SEA TVET, dimana mahasiswa UNP berkesempatan praktek lapangan kependidikan dan industri di negara-negara ASEAN pada 2017 dan berlanjut pada tahun ini.

Jadi untuk pembukaan 15 program studi kelas internasional, kata Ganefri, UNP telah bekerjasama dengan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan delapan Program studi sedang diproses untuk mendapatkan akreditasi di ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

"Langkah manajemen fakultas dan masing-masing program studi yang membuka kelas internasional pada 2018 patut diapresiasi, karena telah mampu memberikan fasilitas dan pola pengajaran berbahasa inggris," ujarnya.

Program studi yang 15 itu yang telah terakreditasi A BAN PT meliputi prodi S1 Pendidikan Ekonomi (FE), Pendidikan Geografi (FIS), untuk Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) prodi yang berlebel kelas internasional adalah Kepelatihan dan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi. Sedangkan untuk Fakultas Ilmu Pendidikan kelas internasional adalah Prodi Pendidikan Konseling dan PG PAUD.

Kemudian di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Prodi kelas internasional Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia, lainnya adalah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (FPP) dan Pendidikan Teknik Elektro (FT).

Pada Fakultas Matekmatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adalah salah satu fakultas yang banyak membuka prodi kelas internasional yakni Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi dan Kimia, Fisika serta pendidikan Matematika.

Rektor mengatakan, program kelas internasional ini merupakan kesempatan emas bagi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing agar mampu membangun bangsa dan negara serta memenangkan persaingan antar bangsa demi kesejahteraan bangsa sendiri.

"Kita akan upayakan UNP menjadi salah satu pilihan utama dan strategis yang akan menghasilkan lulusan yang kompeten selaras dengan kebutuhan pendidikan di negara-negara ASEAN,"ujarnya.

Setelah perkuliahan dengan bahasa inggris berlangsung nantinya, mahasiswa juga dibekali dengan training-training khusus seperti leadership training, cross culture management training, sertifikasi khusus dan exchange program dengan universitas diluar negeri.

Wakil Rektor 1 UNP Yunia Wardi, menambahkan rekrutmen mahasiswa kelas internasional pada 2018 terintegrasi dengan skema penerimaan jalur masuk ke PTN, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus seleksi, untuk bisa kuliah di kelas internasional melalui seleksi minat dan bakat di masing-masing program studi.

"Bagi yang telah lulus dari tiga jalur masuk tersebut, baru diseleksi untuk masuk ke kelas internasional," tambah Yunia Wardi. ***
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar