Diskominfo Sijunjung bekali 40 tenaga PPID pengatahuan jurnalistik

id Diskominfo Sijunjung

Diskominfo Sijunjung bekali 40 tenaga PPID pengatahuan jurnalistik

Pembukaan Bimtek oleh Kadis Kominfo Sijunjung Rizal Efendi untuk tenaga PPID. (Noven)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat membekali pengetahuan jurnalistik untuk 40 tenaga operator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) daerah itu.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) berlangsung selama tiga hari (15-17/4) di grand Inna Muaro Padang, dibuka langsung oleh Kadiskominfo Sijunjung Rizal Efendi.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan iIformasi Publik.

Kabid Pengelola Informasi Komunikasi Publik (PIKP) Aslinda Guslen dalam sambutanya berharap dengan diselenggarakan Bimtek ini PPID pelaksana dapat menjalankan pengelolaan data/ informasi dengan baik sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang.

“Kita memiliki data/ informasi center yang dapat membantu pemerintah daerah dan terkhusus masyarakat yang membutuhkannya," ujarnya.

Dalam kegiatan pembukaan turut hadir Kabid Pengelola Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Indra Sukma, S.Kom, sekaligus sebagai narasumber.

Rizal dalam arahannya menjelaskan informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

“Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik”

Ia berharap untuk kedepan PPID Sijunjung dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih dan terus meningkatkan kualitas data/ informasi yang kita miliki.

Selain itu, PPID dapat dijadikan sentral data/ infprmasi, sehingga masyarakat bahkan OPD sendiri akan mudah untuk mendapat data/ informasi yang dibutuhkan.

"Dapat juga membantu dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kabupaten Sijunjung yang kita cintai," tutupnya.

Dalam Bimtek yang dilaksanakan juga melibatkan pemateri pratisi media online dari LKBN Antara dari pratisi radio, guna meningkatan kapasitas dalam bidang penulisan, fotografi dan jadi reporter serta penyiar radio.***