KPU Sosialisasikan Pilkada melalui jalan sehat

id Jalan sehat pilkada

KPU Sosialisasikan Pilkada melalui jalan sehat

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati membuka kegiatan jalan sehat dalam rangka sosialisasi pilkada 2018, Sabtu. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menyosialisasikan pilkada 2018 kepada masyarakat melalui jalan sehat, Sabtu.

"Sekitar seribu masyarakat mengikuti kegiatan jalan santai yang digelar kedua kalinya ini," kata Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati di Padang.

Jalan sehat tersebut dimulai pukul 06.30 WIB dengan jarak tempuh 4,3 kilometer yakni dari Kantor Gubernur Sumbar Jalan Jendral Sudirman kemudian terus ke Jalan Ujung Gurun-Veteran-ahmad Yani dan kembali ke titik mulai.

Melalui kegiatan ini KPU berharap tingkat partisipasi pemilih wali kota dan wakil wali kota pada 2018 dapat mencapai sekitar 70 persen atau naik dari sebelumnya yang berkisar hanya 55 persen.

"Kami yakin partisipasi pemilih bisa mencapai 70 persen karena sosialisasi yang dilakukan cukup gencar," jelasnya.

Selain melakukan kegiatan jalan sehat, pihaknya juga mengajak peserta agar menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada pada 27 Juni 2018.

"Jalan sehat ini merupakan salah satu langkah KPU Padang untuk menekan golput," kata dia.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui media sosial, tatap muka dengan masyarakt sebanyak 10 kali dan bekerja sama dengan lembaga lain 15 kali.

Kemudian untuk tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilakukan sosialisasi sebanyak 22 kali, dan 208 ditingkat kelurahan. Belum lagi dari relawan demokrasi dan kegiatan lainnya.

Sebelumnya KPU telah menetapkan data pemilih sementara (DPS) untuk pilkada 2018 sebanyak 536.045 orang yang terdiri dari 262.242 laki-laki dan 273.803 perempuan yang tersebar di 11 kecamatan pada 104 kelurahan yang ada di kota itu.

"Kami sudah menetapkan jumlah tersebut dalam rapat pleno, dan jumlah tersebut masih dapat diperbaiki hingga ditetapkan data pemilih tetap" ujarnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra mengatakan pihaknya siap membantu KPU dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang untuk periode 2018-2023.

“Kami dari DPRD siap membantu dan berharap KPU bisa maksimal bekerja dalam pelaksanaan penyelenggaraan pilkada Padang ini," kata dia.

Ia juga meminta KPU, untuk menggiatkan sosialisasi pilkada ke masyarakat. Sebab, anggaran yang dikucurkan Pemkot Padang untuk pilkada ini cukup besar, mencapai Rp37 miliar lebih. (*)