Unik, Siswa SD dan PAUD Solok Wisata Edukasi di Sawah

id Wisata edukasi

Unik, Siswa SD dan PAUD Solok Wisata Edukasi di Sawah

Suasana saat siswa SD N 18 Sinapa Piliang belajar di Sawah Solok. (Tri Asmaini)

Siswa SD dan Paud di Kota Solok, Sumatera Barat menjadikan sawah Solok sebagai tempat belajar dan wisata edukasi dengan bertemakan pertanian.

Dengan mengusung tema wisata agro di hamparan sawah solok, untuk saat ini mulai diminati masyarakat dan anak-anak sekolah yang terdapat di Kota Solok untuk belajar dan mengunjungi sawah solok sebagai tempat wisata edukasi.

Salah satunya SDN 18 Sinapa Piliang yang belajar di pondokan sawah Solok. Selain belajar pelajaran umum di lokasi terbuka, saat ini kelompok tani menawarkan siswa untuk mengenal lebih dekat lagi dengan wisata alam dengan mengenalkan cara bercocok tanam padi di sawah.

Selain itu, di lokasi wisata agro Sawah Solok, siswa dapat melihat program mina padi dengan cara pembesaran ikan di sela-sela tanaman padi serta tersedianya pondok–pondok peristirahatan dan bandar irigasi sebagai tempat mandi bagi anak-anak maupun kalangan dewasa.

Salah seorang guru SD, Marni mengatakan siswanya sangat senang saat akan belajar di sawah Solok, apalagi sekarang ada budidaya mina padi. Sehingga mereka bisa melihat langsung bagaimana petani bekerja dan bagaimana budidaya ikan di sawah.

"Kebetulan sawah sedang menguning dan akan dipanen, mereka antusias sekali melihat petani panen. Gaya belajar di alam membuat mereka bersemangat karena merupakan suasana baru yang jarang dilakukan sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solok Wadirman, yang ikut memantau aktifitas anak-anak sekolah di kawasan wisata agro sawah Solok mengatakan sangat menyambut baik langkah yang dilakukan oleh beberapa sekolah dan PAUD untuk membawa anak muridnya mengunjungi kawasan Sawah Solok.

"Tempat belajar bukan saja di dalam ruangan saja namun alam terbuka dapat juga dijadikan sebagai ruangan untuk belajar, wisata agro dapat di jadikan sebagai ajang untuk pendidikan karakter siswa," katanya.

Ia juga menambahkan, Pendidikan karakter anak harus diperkuat sejak sekarang agar karakter anak dapat di bentuk dengan baik, pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spritualitas dan kepribadian seseorang.

Wadirman mencontohkan pada saat siswa berjalan secara bersama-sama dengan cara meniti pematang sawah dibutuhkan keseimbangan dan kesabaran tidak saling mendahului, hal tersebut sudah membentuk karakter bagi seorang murid agar membiasakan untuk disiplin.

"Beberapa waktu ini yang sering melakukan kunjungan ke sawah solok SDN 18 Sinapa Piliang, SDN 04 IX Korong dan PAUD Melati Kids kelurahan Tanah Garam, siswa membawa buku pelajaran dari sekolah untuk mereka diskusikan secara bersama di pondok sawah dan dipandu oleh guru mereka," ujarnya.

Ketua Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Sawah Solok, Firman Taro di Sawah Solok, Minggu mengatakan pengembangan sawah Solok sebagai salah satu tempat yang bernuansa wisata agro memang sangat banyak di kunjungi rata-rata berasal dari kalangan pelajar.

"Pengembangan wisata agro sengaja dibangun dengan harapan dapat membantu program pemda setempat dan juga sebagai salah satu cara untuk mempertahankan sawah Solok agar tidak terjadi alih fungsi lahan," katanya.

Kelompok pembudidaya ikan berharap kedepannya sawah solok dapat dijadikan sebagai salah satu tempat edukasi bagi pelajar dengan lokasi yang strategis dan diharapkan ada semacam kerjasama antara pihak sekolah, sebutnya.*