MTSN Salido targetkan juara UKS nasional

id MTSN Salido

MTSN Salido targetkan juara UKS nasional

Rombongan salah satu sekolah berfoto bersama Kepala MTsN Salido, Masni usai studi banding. (Istimewa)

Painan, Sumbar, (Antaranews Sumbar) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Salido, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan juara satu lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional yang digelar Juli 2018.


"Alhamdulillah pada November 2017 kami meraih juara pertama UKS tingkat provinsi, dan kami terus berbenah dengan target meraih juara satu nasional," kata Kepala MTsN Salido, Masni di Painan, Minggu.


Beberapa persiapan yang dilakukan diantaranya membuat tempat mencuci tangan di setiap kelas, membuat kantin sekolah dan lainnya.


Khusus kantin sekolah saat ini masih dalam tahap pembangunan dan ditarget selesai pada Mei 2018, selanjutnya pelbagai kegiatan di sana akan diawasi oleh Dinas Kesehatan setempat.


"Nanti kantin sekolah akan disertifikasi oleh Dinas Kesehatan dan tentu saja terdapat beberapa syarat yang harus kami lengkapi," katanya.


Ia mengungkapkan pada intinya UKS tidak hanya sebatas mencari juara namun jauh lebih penting dari itu ialah membudayakan pola hidup bersih bagi setiap pelajar.


"Dengan membudayanya pola hidup bersih diharapkan pelajar mempraktikkan kebiasaan itu sampai ke tengah-tengah keluarga dan lingkungannya, semoga," katanya.


Selain berbenah menghadapi UKS tingkat nasional, MTsN Salido juga menyiapkan diri mengikuti perlombaan sebagai sekolah Adiwiyata mandiri karena pada akhir Desember 2016 berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional.


Berkat pelbagai prestasi itu tidak heran terdapat beberapa sekolah baik dari dalam ataupun luar kabupaten berkunjung ke MTsN Salido untuk melakukan studi banding.


Pada Jumat (16/3) Kepala MTsN 3 Kota Pariaman serta MTsN 1 Lima Puluh Kota melakukan hal serupa dan rombongan mengaku takjub dengan keindahan MTsN Salido. (*)