Ini jadwalkan debat pilkada Kota Padang

id Pilkada Padang,Debat Kandidat

Ini jadwalkan debat pilkada Kota Padang

Baliho dua kandidat yang berlaga pada pilkada 2018 sudah terpasang di ujung Jalan Hamka Kota Padang. (Dokumentasi KPU Kota Padang)

Debat publik dua kandidat yang berlaga kali ini kami jadwalkan tiga kali, namun tanggal pastinya masih dibahas
Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menjadwalkan debat publik untuk pilkada 2018 sebanyak tiga kali, yakni pada April, Mei dan Juni.

"Debat publik dua kandidat yang berlaga kali ini kami jadwalkan tiga kali, namun tanggal pastinya masih dibahas," kata Komisioner KPU Padang, Yusrin Trinanda di Padang, Rabu.

Menurutnya untuk perkiraan debat akan dilaksanakan pada awal April, awal Mei dan setelah lebaran pada Juni 2018. Saat ini KPU sedang menyusun tim atau pakar-pakar yang dilibatkan dalam debat.

Selama puasa tidak ada kegiatan debat yang dilakukan karena untuk kenyamanan kedua kandidat dan masyarakat terutama dalam menjalankan ibadah.

Debat publik ini yang difasilitasi oleh KPU Padang ini, kata dia hendaknya benar-benar dimanfaatkan masing-masing pasangan calon untuk memaparkan visi dan misi, serta program yang diusung.

"Dengan adanya fasilitas ini seharusnya dapat menjadi referensi khususnya bagi masyarakat yang akan memilih," ujar dia.

Selain debat, KPU Padang juga memfasilitasi atribut kampanye kepada masing-masing kandidat dan sudah diserahkan beberapa waktu lalu, atribut yang diserahkan seperti poster sebanyak 61.514 lembar.

Kemudian selebaran 61.515 Lembar, poster 27.000 lembar namun masih kurang 34.515 lagi, dan bahan Kampanye jenis leaflet sebanyak 61.514 akan segera pada 15 Maret 2018.

KPU Kota Padang juga memfasilitasi atribut lainnya, seperti baliho sebanyak lima buah, spanduk 208 buah, dan umbul-umbul 220 buah.

"Untuk baliho sudah terpasang di beberapa ruas jalan di Kota Padang," kata dia.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra mengatakan pihaknya siap membantu KPU dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang untuk periode 2018-2023.

"Kami dari DPRD siap membantu KPU. Kami berharap KPU bisa maksimal bekerja dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pilwako Padang ini," sebutnya.

Ia juga meminta KPU untuk menggiatkan sosialisasi pilkada ke masyarakat. Sebab, anggaran yang dikucurkan Pemkot Padang untuk pilkada ini cukup besar, mencapai Rp37 miliar lebih.

Pilkada Padang 2018 diikuti oleh dua kandidat, yakni Mahyeldi Ansharullah-Hendri septa dan Emzalmi berpasangan dengan Desri Ayunda, pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018. (*)