Tanah Datar upayakan pelajar dapatkan pendidikan tinggi

id bupati tanah datar

Tanah Datar upayakan pelajar dapatkan pendidikan tinggi

Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi (kiri) didampingi Wakil Bupati Zuldafri Darma (kanan) dalam acara peringatan dua tahun kepemimpinannya yang digelar di Lapangan Limo Kaum, Selasa (20/2). (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengatakan pihaknya mengupayakan agar seluruh pelajar di daerah itu dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi guna meningkatkan sumber daya manusia.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan tabligh akbar dalam rangka memperingati dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Zuldafri Darma yang digelar di Kecamatan Limo Kaum, Selasa.

"Ke depannya kita tidak ingin lagi mendengar ada pelajar yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan gara-gara masalah keuangan," ujarnya.

Ia menyebutkan sekalipun urusan pendidikan menengah ke atas tidak lagi menjadi urusan kabupaten, akan tetapi pihaknya akan terus mengupayakan agar pelajar di daerah tersebut dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Menurut dia, untuk Badan Amil Zakat (BAZ) memiliki perhatian yang tinggi untuk persoalan pendidikan di Tanah Datar, dalam satu tahun tidak kurang dari Rp1,5 miliar disiapkan untuk hal tersebut.

Untuk mendapatkan bantuan dari BAZ memang harus melalui proses yang ketat karena sasarannya memang bagi mereka yang membutuhkan, akan tetapi pemerintah daerah akan membantu menanggulangi hal tersebut.

Ia menambahkan pihaknya juga akan membuka jaringan lebih luas untuk menanggulanginya, salah satu upaya yang dilakukan nantinya ialah berkoordinasi dengan pihak DPRD provinsi.

"Dengan upaya ini kita berharap agar SDM di Tanah Datar dapat terus tumbuh sehingga nantinya dapat berkontribusi untuk pembangunan daerah," ujarnya.

Sementara itu Ketua Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar, Anton Yondra mengatakan pihak legislatif akan mendukung segala upaya pemerintah daerah untuk pembangunan serta pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dan DPRD sejauh ini telah banyak membantu untuk membangun Tanah Datar agar menjadi lebih baik. (*)