Legislator anjurkan alumni SLTP bantu peralatan UNBK

id Surya Jufri Bitel ,UNBK,UNBK SLTP

Legislator anjurkan alumni SLTP bantu peralatan UNBK

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Surya Jufri Bitel. (Humas DPRD Padang)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, menganjurkan alumni sekolah lanjutan tingkat pertama menyumbangkan dana ke sekolah untuk mengatasi kekurangan peralatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

"Sumber dana itu bisa melalui para alumni sekolah tersebut atau bantuan CSR perusahaan dan lainnya," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Padang Surya Jufri Bitel di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan, bantuan berupa dana maupun komputer dari pihak luar tersebut akan menambah jumlah siswa yang mengikuti UNBK pada 2018.

UNBK, katanya, dapat memandirikan siswa, sehingga meningkatkan integritas pendidikan dan menekan segala bentuk kecurangan.

Dengan ujian tertulis, siswa masih berpeluang untuk mencontek kepada temannya sehingga pemerintah mengakalinya dengan memperbanyak paket soal di tiap kelas.

"Pelaksanaan ujian dengan komputer tersebut dinilai lebih mampu memaksimalkan hasil kemampuan siswa," ujar dia.

Dalam APBD 2018 telah dianggarkan untuk melengkapi fasilitas komputer tersebut, namun hal itu tentu tidak seluruh sekolah karena dilakukan secara bertahap.

"Untuk memenuhi mebeler sekolah saja seperti bangku harus bertahap, apalagi komputer," ujar Surya Jufri.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Padang, Ramson mengatakan 27 sekolah menengah pertama (SMP) di kota itu mengikuti UNBK 2018.

Sekolah yang akan mengikuti UNBK tersebut terdiri atas 22 sekolah pelaksana UNBK secara mandiri dan lima SMP penyelenggara bersama.

Sedangkan, pada 2017 hanya 15 SMP di daerah itu yag dapat mengikuti UNBK dengan empat sekolah penyelenggara secara mandiri, sementara yang lainnya menginduk ke SMK maupun SMA yang lebih dahulu melaksanakan UNBK.

Sekolah yang bisa melaksanakan UNBK secara mandiri adalah yang memiliki minimal 30 persen komputer dari jumlah peserta.

Pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan pada 23 sampai 26 April 2018 dan Ujian susulan pada tanggal 8 dan 9 Mei 2018. (*)