Hari Guru Momentum Peningkatan SDM Peserta Didik

id Surya Jufri Bitel

Hari Guru Momentum Peningkatan SDM Peserta Didik

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Surya Jufri Bitel. (Humas DPRD Padang)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Sumatera Barat Surya Jufri Bitel mengatakan peringatan Hari Guru Nasional merupakan momentum bagi para guru untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didik.

"Khususnya di Kota Padang, guru diharapkan mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi peserta didik agar dapat melahirkan peserta didik yang berkualitas," katanya di Padang, Sabtu (25/11).

Guru merupakan ujung tombak bagi pendidikan. Guru yang berkualitas akan melahirkan peserta didik yang berkualitas pula.

Guru, kata dia merupakan penggerak perubahan dan penentu masa depan bangsa, seorang guru harus mampu menumbuhkan motivasi, semangat belajar bagi anak dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri.

"Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kompetensi agar menjadi lebih profesional," ujarnya.

Peningkatan kompetensi guru, ujar dia seperti pemberian pelatihan-pelatihan.

Pelatihan yang diberikan itu, menurutnya harus secara merata, sehingga setiap guru yang ada di Padang mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi penentu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Hal itu dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik.

"Untuk mewujudkan amanat undang-undang sebagaimana dimaksud, Kemdikbud menyelenggarakan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah melalui program guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah," jelas dia. (*)