Lagi, nelayan pesisir selatan dapat bantuan rumah gratis

id hendrajoni

Lagi, nelayan pesisir selatan dapat bantuan rumah gratis

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni (Miko Elfisha)

Karena APBD terbatas, kita upayakan bantuan dari pemerintah pusat. Hasil beberapa kali ke kementerian, kita mendapat respon positif
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melanjutkan program bantuan rumah gratis untuk nelayan yang telah dimulai pada 2017.

"Sekarang yang terbangun mencapai 70 unit masing-masing 50 di Painan dan 20 di Batang kapas. Selanjutnya 2018 ada 100 rumah lagi," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu usai menghadiri rapat koordinasi kepala daerah untuk sinkronisasi program pembangunan dengan Pemprov Sumbar di Padang.

Hendra mengatakan 100 rumah nelayan yang akan dibangun 2018 diantaranya 50 tambahan di Batang Kapas, 25 di Muaro Kalis dan 25 di Kawasan Mandeh.

Untuk Kawasan Mandeh awalnya tidak ada alokasi bantuan, namun karena lokasi itu menjadi salah satu pusat pertumbuhan pariwisata Sumbar, maka kondisi rumah nelayan juga menjadi perhatian.

Diharapkan nanti di kawasan itu rumah nelayan lebih tertata, termasuk juga lokasi parkir, ruko dan pelabuhan wisata dan pelabuhan perikanan.

Hal itu didukung pula dengan pembangunan jalan Padang-Mandeh yang ditargetkan selesai 2019. Saat ini telah terbangun delapan kilometer dengan anggaran Rp100 miliar.

Hendra mengatakan perhatian terhadap nelayan itu merupakan komitmen Pemkab Pesisir Selatan untuk membantu masyarakat kurang mampu.

"Karena APBD terbatas, kita upayakan bantuan dari pemerintah pusat. Hasil beberapa kali ke kementerian, kita mendapat respon positif," kata dia.

Selain bantuan rumah gratis untuk nelayan, Pemkab Pesisir Selatan menurutnya juga fokus untuk membangun pasar modern di tingkat kecamatan di daerah itu.*