Asosiasi Pelajar Islam Mengaji Bersama Sambut Pergantian Tahun

id ngaji bersama

Pelajar Sumbar yang tergabung dalam Asosiasi Pelajar Islam (Assalam) Sumbar ngaji bersama di pelataran Masjid Raya Sumbar menyambut pergantian tahun ( Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antara Sumbar) - Ratusan pelajar di Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam Asosiasi Pelajar Islam (Assalam) menggelar kegiatan ngaji bersama atau membaca Al Quran serentak di 13 kabupaten dan kota dalam rangka menyambut tahun baru 2018.

Di Padang kegiatan ngaji bersama yang dinamakan Gerakan Ngaji Serentak 30 Juz (GSN30J) digelar di pelataran Masjid Raya Sumbar yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman Padang pada Minggu sore.

Kami mencoba memberi makna tahun baru sebagai ajang untuk meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah," kata Ketua Umum DPP Assalam Sumbar, Ahmad Irvan.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga menjelang Maghrib berlangsung dengan khidmat. Para peserta membaca Al Quran dengan duduk bersila di pelataran Masjid Raya Sumbar dan bersama-sama membaca juz 30.

"Kami menginisiasi gerakan membaca dan merenungkan ayat Al Quran pada momentum akhir tahun 2017," lanjutnya.

Kegiatan ini juga bertujuan membangkitkan semangat pelajar mendalami Islam dalam format yang kreatif.

Kepada generasi muda Assalam Sumbar mengajak untuk mengisi pergantian tahun dengan kegiatan yang positif dan menjauhi hura-hura.

Sejalan dengan itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengimbau warganya untuk menjaga ketertiban selama pergantian tahun. Bagi umat Muslim, Mahyeldi juga mengimbau untuk menghabiskan malam pergantian tahun di masjid-masjid atau mushala.

Pemkot Padang bahkan menerbitkan surat imbauan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut meramaikan kegiatan zikir dan doa yang dipusatkan di Masjid Nurul Iman Kota Padang.

"Imbauan kami, masyarakat menjaga ketertiban. Atau laksanakan kegiatan di masjid dan mushola," ujar dia.

Pemkot juga berkoordinasi dengan seluruh takmir masjid yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Padang untuk menggelar kegiatan zikir dan doa. Terdapat 10 masjid dijadikan sebagai pusat kegiatan zikir dan doa di malam pergantian tahun malam ini. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar