Ketum Partai Golkar Terpilih Airlangga akan Dikukuhkan dalam Munaslub Rabu

id Agung Laksono

Ketum Partai Golkar Terpilih Airlangga akan Dikukuhkan dalam Munaslub Rabu

Agung Laksono. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar terpilih Airlangga Hartarto dijadwalkan akan dikukuhkan dalam forum Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu.

Pengukuhan Airlangga Hartarto sedianya dapat dilakukan pada Selasa (19/12) malam, tapi tertunda karena usulan dari pemilik suara di Munaslub yakni DPD I dari seluruh Indonesia, serta Ormas Partai Golkar, mengusulkan tiga opsi periodesasi kepengurusan.

Ketiga opsi usulan periodesasi kepengurusan tersebut adalah, usulan opsi sampai 2019, usulan opsi sampai 2019 dan dapat diperpanjang sampai 2020 dengan persetujuan Rapimnas, serta opsi sampai 2022.

Menurut Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, HR Agung Laksono, karena adanya tiga opsi usulan, maka pengukuhannya ditunda menjadi hari Rabu.

Pada rapat parpurna pemandangan umum Selasa (19/12) malam, seluruh pemilik suara secara bulat memilih Airlangga Hartarto sebagai ketua umum, tapi usulan periodesasinya ada tiga opsi, sehingga rapat paripurna pada Munaslub diskors dilanjutkan dengan rapat paripurna jawaban DPP Partai Golkar pada Rabu pagi ini.

Panitia Munaslub, kata dia, menjadwalkan periodesasi kepengurusan sampai 2019, tapi dalam pemilik suara ada yang menyampaikan opsi lain dalam usulannya, sehingga dilakukan rapat konsolidasi internal dan akan dijawab oleh DPP Partai Golkar pada Rabu pagi ini.

"Semua tergantung hasil keputusan di Munaslub, karena Munaslubnya kan masih berjalan," kata Agung Laksono, di Lokasi Munaslub, di JCC, Jakarta, Selasa (19/12) malam.

Menurut Agung, pengukuhan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum hanya soal waktu, karena semua pemilik suara sudah bulat memilih Airlangga.

Sementara itu, Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Nusron Wahid menambahkan, pengukuhan Airlangga Hartarto akan dilakukan di forum Munaslub, pada Rabu hari ini, setelah DPP Partai Golkar memberikan jawaban atas pandangan-pandangan dari pemilik suara.

Menurut Nusron, pemilik suara juga memberikan amanah kepada Airlangga sebagai formatur tunggal untuk menyusun struktur kepengurusan Partai Golkar hasil Munaslub.

"Kepengurusan Partai Golkar akan direvitalisasi. Airlangga diberikan amanah untuk menyusun kepengurusan baru DPP Partai Golkar dalam waktu sebulan," katanya. (*)