Ribuan Warga Pasaman Ikuti Nonton Bareng Film G30S PKI

id Nonton Bareng Film G30S PKI

Ribuan Warga Pasaman Ikuti Nonton Bareng Film G30S PKI

Ribuan warga Pasaman ikuti acara nonton bareng film pemberontakan Gerakan 30 September PKI yang diputar di aula Gedung Olahraga Raga Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Kamis sore (28/9). (Antara Sumbar/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Ribuan warga Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, antusias mengikuti acara nonton bareng film pemberontakan Gerakan 30 September PKI yang diputar di aula Gedung Olahraga Raga Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Kamis sore.

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan film G30S PKI ini merupakan cuplikan sejarah kelam bangsa Indonesia yang harus diketahui oleh generasi muda bangsa.

"Pemutaran film ini bertujuan agar generasi muda tidak melupakan sejarah tentang pemberontakan yang memecah belah bangsa," ujarnya.

Ia menjelaskan pemutaran film G30S PKI ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/ Pasaman dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila dan Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) di Kabupaten Pasaman.

Nonton bareng film G30S PKI yang dimulai pada pukul 13.30 WIB itu dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah, jajaran Kodim 0305/ Pasaman, pelajar SLTA sederajat, dan masyarakat yang ada di daerah itu.

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Atos Pratama menegaskan pemerintah daerah akan menindak tegas setiap Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan yang anti terhadap pancasila.

"Kita tidak ingin paham komunis berkembang di Indonesia. Oleh sebab itu mari kita cegah bersama agar paham tersebut tidak tumbuh di negara pancasila ini," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0305/Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito mengapresiasi pemutaran film tersebut.

"Ini yang kami harapkan, generasi muda harus di depan untuk melawan lupa sejarah pengkhianatan G30S PKI ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh Pamglima TNI," ujarnya.

Ia berharap kepada generasi muda di daerah itu untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar peristiwa itu tidak terulang di kemudian hari.

"Kita meyakinkan bahwa tidak ada ideologi lain bagi bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika ini selain pancasila," katanya.

Sebelumnya, pihak Kodim 0305/ Pasaman juga telah menggelar nonton bareng film G30S PKI di makodim setempat yang juga dihadiri oleh ratusan masyarakat.

"Nonton bareng juga digelar di seluruh Koramil di jajaran Kodim 0305/ Pasaman," katanya. (*)