Pesenam dan Pesilat Binaan Semen Padang Harumkan Nama Sumbar di O2SN

id O2SN Medang

Pesenam dan Pesilat Binaan Semen Padang Harumkan Nama Sumbar di O2SN

Melsan, dua dar kiri belakang, sukses meraih emas pada cabang silat O2SN di Medan

Padang, (Antara Sumbar) - Dua atlet binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang (FKKSP), Rehan Abdul Ghani dari cabang senam, dan Melsan Cahyani, berjaya di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Nasional di Medan.

Kedua pelajar itu sukses mengharumkan nama Sumbar pada ajang bergengsi tersebut. Rehan Abdul Ghani berhasil menyumbangkan satu medali emas dan satu perak untuk Sumbar.

Pada ajang tingkat nasional yang digelar di Kota Medan sejak tanggal 2 hingga 9 September medali emas yang diraih Rehan disabet melalui kategori alat Senam Lantai, dan medali perak melalui kategori alat All Round.

"Alhamdulillah, kedua medali ini saya persembahkan untuk mama dan almarhum papa, serta untuk masyarakat Sumbar. Saya juga berterimakasih kepada FKKSP yang terus memberikan pembinaan dan suport kepada saya," kata pelajar kelas VI SD negeri 07 Indarung itu saat dihubungi dari Padang, Kamis.

Sementara itu, Tiyo Rufinaldo yang ikut mendampingi Rehan ke Medan menuturkan bahwa selain Rehan, pesenam Sumbar lainnya bernama Khairunnisa Qoidah Falila yang berasal dari SD Negeri 11 Payakumbuh, juga berhasil menyumbangkan satu medali perunggu di kategori alat bola.

"Menurut saya, ini merupakan prestasi yang luar biasa. Sebab, kedua atlet senam Sumbar yang turun di O2SN, ternyata mampu menyumbangkan medali, meskipun mereka turun atas nama sekolahnya masing-masing," kata Tyo.

Tyo menyebut medali yang diraih Rehan dan Khairunnisa secara tidak langsung juga dapat menjadi pelecut bagi seluruh atlet Persani Sumbar, karena menurutnya, raihan medali tersebut secara nyata membuktikan bahwa Persani Sumbar makin maju dan berkembang.

"Mudah-mudahan prestasi ini terus dipertahankan dan tingkatkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persani Sumbar Pudjo Suseno mengapresiasi kedua atlet senam Sumbar yang berhasil meraih medali di O2SN tersebut.

"Saya bangga terhadap anak-anak dengan mental yang kuat," kata dia.

Walaupun persaingan yang sangat ketat dan di depan supoter lawan yang sangat banyak, namun Direktur Komersial PT Semen Padang itu juga menyebut bahwa atlet Sumbar tetap bisa konsentrasi dan bisa mengikuti arahan pelatih.

"Alhamdulillah, saya bangga atas raihan medali tersebut. Saya juga berterima kasih kepada pelatih yang dengan penuh kesabaran melatih anak-anak. Di samping itu juga, kami sampaikan terima kasih kepada orang tua atlet yang telah bersama-sama mendoakan supaya anak-anak kita sukses," kata Pudjo.

Cabang Silat

Melsan Cahyani, pesilat binaan FKKSP berhasil menyumbangkan medali emas pada kelas C, berat 47-51 kilogram .Dalam ajang kali ini, Sumbar menurunkan empat atlet, dan salah satunya atlet binaan FKKSP," ujar pelatih perisai diri FKKSP, Yuharmen.

Melsan merupakan siswa kelas XI dari SMA N 4 Padang. Ia telah meraih segudang prestasi dalam berbagai ajang kejuaraan, di antaranya, medali emas tahun 2015 pada ajang O2SN tingkat SMP di Makassar. Ia juga merupakan alumni SMP Semen Padang.

"Ia merupakan atlet binaan kita sejak SMP. Dan dia memang atlet yang luar biasa dengan berbagai prestasi. Sejak SMP dia telah mengikuti berbagai ajang kejuaraan, diantaranya Kejurnas remaja," jelasnya.

Yuharmen berharap dengan prestasi yang diraih ini bisa semakin memacu semangat atlet dalam meraih prestasi lainnya. "Semoga ini menjadi ajang yang bisa memacu semangat atlet lainnya," ungkap pelatih yang juga merangkap sebagai Kepala SMP Semen Padang.

Dalam ajang O2SN ini, Sumatera Barat mengirimkan empat atlet dengan ada dua cabang yang dipertandingkan, yakni cabang tanding dan jurus tunggal. Untuk cabang tanding yang dipertandingkan yakni kelas tanding laga C Putri berat 47-51 dan kelas F putra berat 63-66. Sedangkan untuk Jurus tunggal yang dipertandingkan juga kelas putra dan putri. O2SN diikuti oleh 34 provinsi yang dilaksanakan dari 3 September 2017 lalu.