Dekranasda Terus Tingkatkan SDM Pengarjin Tenun

id #Tenun Unggan #Songket Sijunjung

Dekranasda Terus Tingkatkan SDM Pengarjin Tenun

Ketua Dekdranasda Sijunjung meninjau karya pelatihan pengrajin tenun unggan. (c)

Muaro (antarasumbar) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sijunjung, terus mendorong upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pengrajin tenun di daerah itu, guna mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Langkah yang dilakukan bersinergi dengan Dinas Perindag, Indiustri dan Koperasi Kabupaten Sijunjung, menggelar pelatihan untuk sebanyak 18 orang pengrajin songket tenun unggan selama dua pekan pada Agustus 2017.

Ketua Dekranasda Ny. En Yuswir Arifin didampingi oleh Ny. Nila Jaheri sebagai pengurus meninjau sekaligus melakukan pembinaan terhadap 18 pengrajin yang sedang pelatihan di Gedung Sentra Unggan, pada 4 Agustus 2017.

Kegiatan ini didampingi Kepala Dinas Dagperinkop, Kabid Perindustrian, Instruktur Tenun dari Bukittinggi dan Tim Media Online Dinas Kominfo Sijunjung.

Pembekalan dilakukan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, guna memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang strategi dan peningkatan kualitas dan kuantitas hasil kerajinan tenun.

Ketua Dekranasda Ny. En Yuswir Arifin mengatakan, Ada beberapa pelatihan yang diberikan kepada 18 pengrajin, dalam rangka meningkatkan teknik mutu dan inovasi desaign. "Kami sangat mensuport rekan-rekan berlatih di bidang tenun ini, mudah-mudahan ke depannya akan lebih baik, maka untuk memberikan semangat kepada pengrajin kami akan berikan reward," ujarnya.

Kepala Dinas Dagperinkopukm Em Yasri, berharap program ini tidak hanya diperuntukan bagi 18 penenun yang berasal dari Nagari Unggan, tetapi juga bisa memberikan pelatihan untuk nagari lain di kabupaten itu.

"Mudah-mudahan untuk semua pengrajin ilmu yang diberikan instruktur tersebut bermanfaat dan bisa dikembangkan. Jadi, ekonomi mereka bisa ikut terangkat,katanya.*