Demokrat Umumkan Sikap Politik Pilkada Jakarta

id Roy Suryo

Demokrat Umumkan Sikap Politik Pilkada Jakarta

Roy Suryo. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - DPP Partai Demokrat akan mengumumkan sikap politiknya di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, setelah melakukan rapat pleno pengurus harian yang akan dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin (6/3) siang.

"Jadi memang sangat memungkinkan kalau setelah rapat pleno ada konferensi pers terkait dukungan Demokrat di putaran kedua Pilkada Jakarta," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Roy Suryo Notodiprojo di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan Rapat Pleno itu akan dibuka oleh Ketum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri seluruh pengurus harian yang dilaksanakan di DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi no 41.

Namun Roy belum bisa memastikan bahwa sikap partai itu akan diumumkan langsung oleh SBY atau petinggi partai lainnya.

"Meskipun bisa saja diumumkan oleh Ketua Tim Pemenangan (Agus-Sylvi) Nachrowi Ramli atau Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan," ujarnya.

Juru bicara Partai Demokrat, Imelda Sari mengatakan Rapat Pleno itu berlangsung tertutup dengan salah satu agendanya adalah evaluasi hasil Pilkada 2017 termasuk pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta.

Selain itu, menurut dia, Rapat Pleno juga membahas konsolidasi internal Demokrat menghadapi Pilkada 2018 yang berlangsung di 171 daerah.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rekapitulasi KPU DKI Jakarta, perolehan suara dari setiap calon antara lain pasangan calon nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 937.955 (17,05 persen) pasangan calon nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 2.364.577 (42,99 persen), dan pasangan calon nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno memperoleh 2.197.333 (39,95 persen) dari surat suara sah seluruh calon sebanyak 5.499.865.

KPU Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta masuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 yaitu Basuki T. Purnama-Djarot S. Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Selamat kepada pasangan Basuki-Djarot dan Anies-Sandiaga masuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017," kata Ketua KPU Jakarta Sumarno dalam Rapat Pleno Terbuka penetapan pasangan calon dan peluncuran tahapan pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (4/3).

Dia berharap kedua pasangan tersebut dapat bersaing dengan sehat dalam putaran kedua sehingga menjadi contoh konsolidasi demokrasi di tingkat nasional.

Sumarno juga menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada pasanggan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang legowo menerima kekalahan serta menyampaikan selamat kepada pasangan calon yang lolos putaran kedua. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar