Kapolda Sumbar akan Lanjutkan Karir Sebagai Wagub Akpol

id Basarudin

Kapolda Sumbar akan Lanjutkan Karir Sebagai Wagub Akpol

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Basarudin akan melanjutkan karirnya sebagai perwira tinggi kepolisan dengan jabatan Wakil Gubernur (Wagub) Akademi Kepolisian (Akpol) setelah menjabat sebagai Kapolda Sumbar selama kurang lebih satu tahun.

"Saya akan melakukan serah terima jabatan Kapolda Sumbar dengan Brigjen Pol Fakhrizal pada Rabu besok (4/1)," katanya di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan posisi Kapolda Sumbar akan digantikan oleh Brigjen Pol Fakhrizal yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah.

"Posisi saya ini akan digantikan oleh senior saya yang juga merupakan orang Minang asli," katanya.

Ia mengatakan selama menjalankan tugas di Sumbar, dirinya telah menuntaskan beberapa kasus penting yang sempat tertunda.

Salah satunya adalah pelimpahan kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh Basrizal Koto terhadap PT KAI yang berkasnya telah berada di Mapolda sejak 2011.

"Namun pada 2016 berkasnya kita nyatakan lengkap P21 dan sudah dilimpahkan kepada Kejari Padang," katanya.

Selain itu dalam 2016 tindakan pidana yang terjadi di Sumatera Barat mengalami penuranan sekitar 4,6 persen dari 2015.

"Pada 2015 terjadi 16.940 kasus tindak pidana, sedangkan tahun ini turun menjadi 16.146 kasus," katanya.

Ia menyatakan pamit kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat setelah menjalankan tugas sebagai Kapolda Sumbar selama satu tahun lebih.

"Saya minta doa dari seluruh masyarakat agar bisa sukses mengemban amanah yang akan dijalani di tempat baru," katanya. (*)