Warga Keluhkan Minimnya Informasi Penutupan Rute TDS

id Informasi, penutupan, jalur, TdS

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Sejumlah warga Kota Sawahlunto, Sumatera Barat(Sumbar), mengeluhkan minimnya informasi rencana penutupan ruas jalan yang dilalui peserta Tour de Singkarak(TdS) etape enam di kota itu.

"Hingga saat ini kami hanya mengetahui akan ada penutupan jalan umum pada Kamis(11/8), namun tidak terinci sejak kapan dan berapa lama jalan akan ditutup," kata salah seorang warga Kubang Sirakuk, Muslim(36), Senin.

Biasanya, lanjut dia, pihak terkait dalam hal ini jajaran Kepolisian Resor (Polres) Sawahlunto, sudah memberi informasi yang jelas agar masyarakat bisa menyesuaikan kegiatan mereka dengan jadwal penutupan jalan tersebut.

Menurutnya, kondisi tersebut cukup membingungkan masyarakat karena hari pelaksanaan etape enam tersebut bukanlah hari libur, sehingga akan ada aktifitas sehari-hari yang cukup padat oleh masyarakat kota itu.

"Kami harap hal itu bisa segera diinformasikan karena selama ini pelaksanaan kegiatan itu selalu berjalan dengan sukses di kota ini, meskipun peserta harus melewati kawasan permukiman dan pusat keramaian," kata dia.

Senada, salah seorang warga Sungai Durian, Mardianis(45), mengatakan pada pelaksanaan TdS kali ini para pihak terkait terlihat kurang serius dalam menjaga kondusifnya situasi keamanan jalan yang akan dilalui peserta.

"Padahal tahun ini lokasi finis dipusatkan di Taman Satwa Kandi, itu artinya akan lebih banyak melewati ruas jalan padat permukiman sehingga membutuhkan penanganan lebih intensif dari sebelumnya," tambah dia.

Masyarakat berharap para pihak yang bertanggung jawab atas hal tersebut bisa segera melakukan langkah-langkah sosialisasi kepada masyarakat secara luas dan terinci, guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan gelaran balap sepeda yang menjadi salah satu agenda pariwisata terbesar di Indonesia.

Sejumlah ruas jalan padat permukiman penduduk akan dilewati pesert TdS etape enam sebelum mencapai garis finish di kawasan Taman Satwa Kandi Sawahlunto.

Diantaranya, kawasan Simpang Muaro Kalaban, Kubang Sirakuk, kawasan Kota Tua Sawahlunto, Lapangan Segitiga, Lubang Panjang, Pasar Baru, Sapan, Santur sebelum menuju Taman Satwa Kandi Sawahlunto. (*)