Tim Provinsi Nilai Kader Posyandu Cempaka Ungu Tanah Datar

id Kader Posyandu

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan lapangan dan penilaian terhadap kader Posyandu Cempaka Ungu Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Tanah Datar.

Pada tahap ini, kami akan mendengarkan ekspos dari kader posyandu, peninjauan ke lapangan dan diskusi dengan kelompok pemberdayaan masyarakat, kesehatan, PKK dan pendidikan, kata Ketua Tim Penilai Provinsi Sumbar, Retta Tessia di Nagari Tambangan, Kamis.

Ia menyampaikan ucapan selamat kepada Posyandu Cempaka Ungu atas prestasinya menjadi nominasi pada kategori kabupaten se-Sumatera Barat.

Ia menyebut tim penilai melakukan tinjauan ke lapangan juga untuk melihat sampai dimana partisipasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dalam pembinaan serta dukungan masyarakat terhadap Posyandu.

Kami mengapresiasi kader Posyandu Cempaka Ungu ini sudah terintegrasi dengan PAUD dimana melayani penimbangan, pemantauan perkembangan, pencatatan KMS, KKA serta penyuluhan kesehatan dan gizi, penyuluhan stimulasi dan pendidikan dini, katanya.

Hal yang menarik lainnya, sebutnya, Posyandu Cempaka Ungu juga memberikan pembelajaran keterampilan merajut, pembuatan sepatu bayi, Pin jilbab, tas telepon genggam serta memproduksi minuman herbal dari hasil toga bagi orangtua balita.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi menyampaikan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Tanah Datar dimulai sejak dini salah satunya adalah Posyandu.

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselengarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kesehatan, katanya.

Ia menjelaskan di Kecamatan X Koto terdapat sebanyak 64 Posyandu dengan 320 orang kader. Sementara di Nagari Tambangan ada empat Posyandu dengan 20 kader yang salah satunya adalah Posyandu Cempaka Ungu yang memiliki delapan orang kader.

Semoga usaha dan upaya dari kader Posyandu Cempaka Ungu ini dapat menjadi salah satu contoh posyandu yang mampu mewujudkan manusia berkualitas untuk masa depan serta mendapatkan prestasi di tingkat provinsi dan nasional, harapnya.

Kader Posyandu Cempaka Ungu, Nurbaiti menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai Provinsi sekaligus berharap dapat nilai terbaik dalam lomba kader posyandu berprestasi tingkat provinsi ini. (*)