PJSI Sumbar Gelar Kejurda dan Kejurwil

id Judo, Sumbar, Kejurwil

Padang, (AntaraSumbar) - Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Kejuaraan Daerah dan Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) di Gedung Serbaguna KONI Sumbar.

"Untuk Kejurda penyelenggaraannya pada 23 Oktober 2015, sementara Kejurwil dilaksanakan sehari sesudah Kejurda atau 24 Oktober," kata Sekretaris Umum PJSI Sumbar Hendri Gusma Darma di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk ajang Kejurda bertujuan untuk mencari bibit atlet pelapis yang akan dipersiapkan untuk diturunkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Selain itu, bagi judoka (atlet judo) yang berhasil meraih juara satu pada Kejurda tersebut akan mewakili Sumbar pada Kejurwil yang dilaksanakan sehari sesudah Kejurda.

"Atlet yang tersaring dari Kejurda tersebut akan kami masukan dalam program jangka panjang untuk menyongsong PON 2020," katanya.

Ia mengatakan, untuk Kejurda itu sendiri akan mempertandingkan delapan nomor putra dan delapan putri serta diikuti 12 Pengurus Cabang (Pengcab) PJSI di Sumbar.

Menyinggung tentang Kejurwil, Hendri mengatakan, ajang tersebut akan diikuti perwakilan 10 Pengprov PJSI yang ada di Pulau Sumatera. Lebih kurang sebanyak 200 judoka akan bersaing pada ajang tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, PJSI Sumbar akan menurunkan 16 atlet, terdiri dari delapan putra dan delapan putri berdasarkan hasil Kejurda sebelumnya.

Terkait dengan persiapan selaku tuan rumah Kejurwil, Hendri mengungkapkan semua persiapan sarana perlengkapan pertandingan sudah dimatangkan.

Ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah pelaksana Kejurwil mendapat apresiasi dari Ketua Umum KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar. Ia mengharapkan dengan adanya dua event sekaligus dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan olahraga judo di Ranah Minang.

"Mudah-mudahan lewat ajang tersebut akan muncul judoka masa depan yang bisa mewakili Sumbar pada event nasional serta adanya regenerasi atlet," katanya. (*)