Empat Sekolah Jadi Percontohan Pesantren Ramadhan

id Padang, Empat, Sekolah, Percontohan, Pesantren, Ramadhan

Pesantren Ramadhan.

Padang, (Antara) - Sebanyak empat sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi percontohan dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan 2015, dimana sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan di masjid dan mushala.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis, mengatakan, pelaksanaan pesantren ramadhan di sekolah karena adanya permintaan dari masyarakat untuk menguji perbedaan hasilnya antara diselenggarakan sekolah dan tempat ibadah.

Keempat sekolah itu adalah SMA N 1, SMA N 2, SMK N 6 dan MAN 3, katanya.

Ia menilai keempat sekolah tersebut mampu untuk melakukannya walaupun pelaksanaan pesantren ramadhan di sekolah merupakan kali pertama semenjak dimulai 11 tahun lalu.

"Kami sudah persiapkan pihak sekolah untuk melaksanakan pesatren ramadan ini. Empat sekolah itu juga kita yakini mampu melaksanakannya," katanya.

Sementara untuk materi kegiatan tersebut tidak ada perbedaan antara yang dilakukan di sekolah dengan tempat ibadah, sebab materinya semua sudah diatur oleh panitia pelaksana, yakni Bagian Kesra Sekretariat Kota Padang.

"Yang berbeda hanyalah tempat pelaksanaannya saja, sementara materinya sama," katanya.

sementara itu Kepala Bagian Kesra Sekdakot Padang Al Amin menyatakan untuk menyukseskan kegiatan tersebut pihaknya telah menyiapkan 1.150 mentor yang tersebar di 11 kecamatan dan 104 kelurahan.

Ia menjelaskan, mentor-mentor tersebut nantinya akan berperan layaknya kepala sekolah, sehingga pesantren ramadhan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi generasi bangsa.

"Karena, melalui kegitan itu kita ingin mempersiapkan generasi bangsa yang beriman, bermoral dan memiliki jiwa yang bebas dari pengaruh negatif sebab beberapa tahun ke depan peserta Pesantren Ramadhan inilah yang akan memimpin Kota Padang," katanya.

Kemudian, pihaknya akan melakukan pelatihan bagi mentor secara berganti di masing-masing kecamatan, sebab pelatihan itu tidak dapat dilaksanakan secara serentak.

Selain itu pihak kecamatan dan kelurahan juga melakukan pelatihan untuk mentor secara sediri di wilayahnya masing-masing.

Ia menambahkan, Pemkot Padang menyediakan anggaran untuk kegiatan pesantren ramadan sebesar Rp2,1 miliar dalam APBD 2015. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar