Nomor Urut Cawako Pada Putaran Kedua Tetap

id Nomor Urut Cawako Pada Putaran Kedua Tetap

Nomor Urut Cawako Pada Putaran Kedua Tetap

Padang, (Antara)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan nomor urut calon wali kota dan wakil wali kota Padang yang akan ikut pilkada putaran kedua tetap menggunakan nomor urut yang telah digunakan saat putaran pertama.

Untuk nomor urut calon tidak ada perubahan, tetap menggunakan nomor lama yaitu pasangan Desri Ayunda-James Helyward nomor urut tiga dan pasangan Mahyeldi-Emzalmi nomor urut 10, kata Ketua KPU Kota Padang Alison di Padang, Senin.

Alison mengatakan gambar yang akan digunakan pada surat suara di pemilihan putaran kedua juga sama dengan gambar saat putaran pertama.

Ia memastikan, pada putaran kedua akan dilakukan penajaman visi dan misi kandidat dalam bentuk debat dan diskusi.

Sementara, untuk rapat umum dipastikan tidak ada lagi dan lebih difokuskan pada penajaman visi dan misi, kata dia.

KPU Kota Padang menetapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) wali kota dan wakil wali kota Padang 2013 berlangsung dua putaran karena tidak satu pasang kandidat pun yang meraih suara diatas 30 persen.

Menurut Alison, kandidat yang berhak maju pada putaran kedua adalah pasangan Mahyeldi-Emzalmi yang diusung PKS dan PPP memperoleh 92.218 suara atau 29,46 persen dan Desri Ayunda-James Helyward dari jalur perseorangan dengan perolehan suara 59.845 atau 19,11 persen.

Dijadwalkan pilkada putaran kedua akan digelar pada 5 Maret 2014 setelah sebelumnya sempat mengalami pengunduran beberapa kali.

Terkait dengan akan berakhirnya masa jabatan wali kota Padang pada 18 Februari, Kepala Biro Pemerintahan Sumbar Syafrizal mengatakan, mengisi kekosongan akan ditunjuk pelaksana tugas wali kota Padang hingga terpilih wali kota definitif.

Pelaksana tugas tersebut diusulkan oleh Gubernur Sumbar sebanyak tiga nama dari kalangan pegawai negeri sipil untuk diteruskan dan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri.(wan)