Bantuan Perbaikan Saluran Air Bersih

id Bantuan Perbaikan Saluran Air Bersih

PIDIE Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kembali mengirimkan tim rescue untuk memberian bantuan perbaikan saluran air bersih yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,6 SR di Pidie, Aceh 24 Oktoberlalu. Bantuan tersebut diberikan di empat desa yang berada di Kecamatan Tangse yakni Desa Pulo Kawa, Desa Pulo Masjid, Desa Pulo Masjid II dan Desa Pulo.

Menurut data lapangan relawan dari DMC Dompet Dhuafa, akibat gempa yang terjadi sejumlah titik saluran air yang mengairi sejumlah desa di Kecamatan Tangse, Kecamatan Mane dan Kecamatan Geumpang mengalami kerusakan. Saluran ini sangat penting sebagai saluran utama penyaluran air ke desa-desa sekitar.

Kebutuhan air tidak bisa ditunda walau satu hari, apalagi untuk keperluan sehari-hari, baik itu untuk minum, memasak ataupun mencuci, Jelas Narwan dari Tim Rescue DMC Dompet Dhuafa di Pidie, Selasa (29/10).

Ia menjelaskan sumber air itu kini tertimbun reruntuhan batu-batu dan tanah. Banyak pipa-pipa saluran air yang patah ataupun retak akibat pergerakan tanah yang dipicu oleh gempa. Untuk proses perbaikan ulang di empat desa sendiri dibutuhkan waktu beberapa hari kedepan dengan melibatkan gotong royong warga.

Yusuf (45) ketua RT di Desa Pulo Kawa menjelaskan, masyarakat memang sangat kesulitan dan membutuhkan air bersih, setelah daerah tersebut dilanda gempa beberapa hari lalu. Kini masyarakat sekitar sangat terbantu dengan adanya bantuan perbaikan saluran air bersih. Setidaknya ada 750 KK tidak lagi kesulitan air untuk hidup keseharian

Warga tinggal menyalurkan air dengan selang atau pipa dari bak tandon di dekat pemukiman ke rumah masing masing, ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap warga dapat memelihara dengan baik, sehingga kebutuhan air bersih sehari-hari bisa terpenuhi. (sgt/gie)