Mahyeldi-Emzalmi Usung 10 Program Unggulan

id Mahyeldi-Emzalmi Usung 10 Program Unggulan

Mahyeldi-Emzalmi Usung 10 Program Unggulan

Padang, 16/10 (Antara)-Pasangan calon wali kota Padang Mahyeldi dan Emzalmi telah menyiapkan 10 program unggulan jika dipercaya sebagai pemimpin kota ini kedepan.

10 program merupakan hasil kajian secara mendalam yang dinilai paling dibutuhkan oleh warga kota, kata Mahyeldi di Padang, Rabu.

Program unggulan tersebut disingkat 10 M yang merupakan hal prioritas yang akan dikerjakan jika warga kota memberi amanah.

Dalam mewujudkan 10 program unggulan tersebut pasangan yang memiliki nomor urut 10 ini membingkainya dengan visi mewujudkan Padang sebagai kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya.

Program unggulan yang pertama adalah melakukan pengaspalan dan betonisasi jalan lingkungan, perbaikan trotoar serta pengendalian banjir dan genangan air .

Hal penting memngingat salah satu parameter dalam menilai sebuah kota adalah kualitas jalannya, dimana jika jalan dalam kondisi baik hingga ke pemukiman maka itu adalah wajah dari kota tersebut, kata dia.

Berikutnya, menyelenggarakan pendidikan, pesantren ramadhan, kegiatan keagamaan,seni budaya dan olah raga yang lebih berkualitas serta gratis pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK Negeri dan pemberian beasiswa bagi semua pelajar dan mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin.

Ia optimistis, berdasarkan perhitungan yang dilakukan dari APBD Padang dimungkinkan untuk mengratiskan biaya pendidikan hingga SMA.

Kemudian, menyediakan terminal angkutan kota dan terminal bus dalam dua tahun serta penataan transportasi kota yang lebih baik.

Berikutnya, merehab 1.000 unit rumah tidak layak huni per tahun dan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas dan RSUD serta ambulan gratis bagi warga miskin.

Lalu, membangun Pasar Raya Padang dalam dua tahun dan Revitalisasi pasar-pasar pembantu.

Selanjutnya, meningkatkan dana operasional Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT serta Guru TPQ/TQA/MDA menjadi 200 persen.

Ketujuh, memberikan santunan kematian Rp1 juta bagi warga Kota Padang.

Delapan,mendorong pertumbuhan ekonomi, mencetak 10.000 wirausahawan baru dan pengembangan ekonomi kreatif, UMKM serta pemberdayaan masyarakat petani dan nelayan.

Sembilan, merevitalisasi objek wisata Kota Padang menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah dan sepuluh menyediakan anggaran untuk tunjangan daerah bagi PNS. (wan)