Padang (ANTARA) -
Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi para CPNS Kemenkumham di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) masih terus bergulir hingga Senin (28/10).
 
Satu dari ribuan peserta yang akan mengikuti ujian SKD pada hari itu adalah Putra, ia mendapatkan jadwal ujian di sesi terakhir atau sesi ke-4.
 
Namun ketika proses registrasi telah dibuka oleh panitia, Putera masih tak bergeming dari tempat duduknya.
 
Padahal ia sudah berada di lokasi ujian sejak dari tadi, dan ratusan peserta mengantre di depan pintu masuk.
 
Ternyata Laki-laki asal Bukittinggi itu sedang menunggu sepatu hitamnya kembali, karena dipinjam oleh salah seorang peserta ujian sesi ke-3.
 
"Tadi ada peserta ujian lain yang sepatunya putih, karena tidak tega akhirnya saya pinjamkan sepatu hitam saya kepadanya," kata Putera.
 
Ia mengaku tidak sampai hati jika harus membiarkan peserta tersebut gagal ujian sekalipun mereka tidak saling mengenal.
 
Akibatnya ia harus tertahan dan tidak bisa melakukan registrasi ujian di sesi ke-4, sebab ia mengenakkan sepatu peserta lain yang warnanya putih.
 
Dengan sabar Putera yang bekerja sebagai security di SMAN 2 Bukittinggi itu duduk menunggu sepatu hitamnya kembali.
 
Keikhlasan laki-laki berusia 27 tahun itu mungkin patut untuk dipuji, sebab tidak terlihat sedikitpun raut yang gusar maupun kesal di wajahnya.
 
Padahal kalau dikaji lebih dalam, nasibnya saat itu sedang terkatung-katung. Ia dipastikan gagal ikut ujian jika sepatu hitamnya tak kembali menjelang registrasi tutup.
 
Untungnya menjelang registrasi sesi ke-4 ditutup, peserta yang meminjam sepatunya muncul dan mereka langsung bertukar sepatu tanpa membuang-buang waktu.
 
Putera kemudian bergegas melakukan proses registrasi sebagai peserta ujian sesi ke-4, untungnya pintu belum ditutup oleh panitia.
 
Setelah menjalani registrasi dan verifikasi, ia dengan langkah mantap masuk ke dalam ruangan ujian bersama peserta lain.
 
Untuk diketahui, ujian SKD bagi para CPNS Kemenkumham di Sumbar sudah dimulai sejak Sabtu (19/10) hingga saat ini.
 
Ujian dilaksanakan di Gedung Konvensi UPI-YPTK Padang dengan total jumlah peserta sebanyak 23.000 orang, mereka dibagi dalam empat sesi setiap harinya.
 
Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar Ramelan Suprihadi menyatakan tekadnya untuk menyelenggarakan ujian yang jujur, bersih, dan transparan kepada para peserta.

Pewarta : Fathul Abdi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024