Simpang Empat (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menjadwalkan dua kali kegiatan debat pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak 2024.
 
"Debat itu direncanakan diadakan di akhir Oktober dan pertengahan November sebelum masa kampanye berakhir," kata Komisioner KPU Pasaman Barat Syarif Hidayatullah di Simpang Empat, Rabu. 
 
Ia mengatakan untuk lokasi pelaksanaan debat direncanakan di balerong kantor bupati. Sedangkan tanggal dan waktu pelaksanaan bakal menyusul karena masih belum final. 
 
Pihaknya juga akan melibatkan pakar atau akademisi terkait persoalan dan tema yang akan dibahas dalam debat nanti. 
 
"Dalam dua kali debat itu akan berbeda temanya. Kita akan membahas temanya nanti bersama tim pakar," ujarnya. 
 
Ia menyebutkan masa tahapan kampanye Pilkada 2024 berlangsung selama 60 hari dimulai dari 25 September sampai 23 November 2024.
 
Sesuai dengan peraturan PKPU mengenai tahapan kampanye, tambahnya, ada kampanye yang difasilitasi oleh KPU dan ada metode kampanye yang dilakukan sendiri oleh gabungan partai politik dan pasangan calon. 
 
Khusus yang difasilitasi KPU berupa debat publik, pemasangan alat peraga kampanye dan penyediaan bahan kampanye bagi seluruh pasangan calon. 
 
Untuk pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dijalankan metodenya oleh gabungan partai politik dan pasangan calon. 
 
Begitu juga 14 hari terakhir pada 10-23 November 2024 bakal ada metode kampanye berupa iklan di media masa, elektronik dan lainnya. 
 
"Semua tahapan kampanye sudah ada aturan dan kita telah melakukan koordinasi dengan penghubung partai politik agar tahapan kampanye berjalan sesuai aturan," katanya. 
 
Ia berharap pelaksanaan tahapan kampanye berjalan lancar dan berjalan sesuai harapan demi terciptanya bupati dan wakil bupati periode 2025-2030.
 
Pilkada Pasaman Barat diikuti oleh empat pasangan calon yakni nomor urut 1 Yulianto-M Ihpan, nomor urut 2 Daliyus K-Heri Miheldi, nomor urut 3 Hamsuardi-Kusnadi dan nomor urut 4 Jailani-Syamsul Bahri. ***2***
 
---
 

Pewarta : Altas Maulana
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024