Pariaman (ANTARA) -
Dua dari tiga pimpinan DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat telah diresmikan atau telah definitif melalui Sidang Paripurna Istimewa yang dilaksanakan di kantor DPRD setempat pada Sabtu. 
 
"Sebenarnya ini (pengusulan pimpinan definitif) ini sudah lama, sekretariat pun sudah mewanti-wanti agar surat keputusan pimpinan definitif segara diproses di partai," kata Ketua DPRD Pariaman Muhajir Muslim usai Sidang Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengambilan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pariaman Periode 2024-2029 di Pariaman, Sabtu. 
 
Pihaknya, lanjutnya tidak dapat mendesak partai karena hal itu merupakan kewenangan dewan pimpinan pusat apalagi saat ini disibukkan dengan proses Pilkada di seluruh Indonesia. 
 
Ia mengatakan surat keputusan pimpinan DPRD keluar pertama kali dari Partai Keadilan Sejahtera dengan nama Muhajir Muslim sebagai ketua dan kemudian disusul oleh Partai Golkar Riza Saputra sebagai wakil ketua, sedangkan dari Partai Demokrat masih proses. 
 
Pihaknya juga akan melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa untuk Wakil Ketua DPRD Pariaman dari Partai Demokrat. 
 
Ia menyampaikan pihaknya harus segera meresmikan pimpinan DPRD definitif karena sejumlah agenda pemerintahan akan dilaksanakan diantaranya pembahasan APBD Perubahan 2024. 
 
"Secara aturan pun harus ada satu pimpinan definitif, jadi tidak harus menunggu lengkap ketiganya," katanya. 
 
Sementara itu, Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia mengatakan peresmian pimpinan DPRD tersebut merupakan momentum yang baik untuk percepatan membahas pembangunan di daerah itu. 
 
"Besok saya membacakan nota penjelasan tentang APBD Perubahan 2024. Jadi hari ini dilantik, besok langsung tunjukkan konkrit supaya segera cepat pembangunan Kota Pariaman," kata dia. 
 
Ia menegaskan belum lengkapnya pimpinan DPRD yang definitif tidak akan mengganggu pembahasan APBD Perubahan 2024.
 
Ia menambahkan satu Wakil Ketua DPRD Pariaman yang belum definitif tersebut pada dasarnya surat keputusannya sudah ada namun tinggal menunggu pelantikan sebab masih ada proses pemerintahan yang harus dihormati pihaknya. 
 
 
 
 

Pewarta : Aadiaat MS
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024