Padang (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Universitas Andalas (Unand) Padang  menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang,  Kabupaten Pesisir Selatan.

 Mengambil tema “Pemberdayaan kader kesehatan untuk optimalisasi pelayanan  Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB) di masa pandemi COVID-19,  diharapkan dapat mewujudkan  kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030, kata Ketua  Kegiatan Pengabdian Masyarakat  Unand Yulizawati, S.ST., M.Keb  di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan oleh 15 orang panitia yang terdiri atas  dosen dan mahasiswa.

Kegiatan yang dilakukan berupa  pelatihan dan edukasi terkait ibu hamil, persiapan persalinan, masa nifas dan penggunaan KB dan Deteksi dini permasalahan pada Ibu hamil, bersalin, nifas dan KB. 

Pada kesempatan itu narasumber menekankan  pentingnya seorang kader mengetahui tentang fisiologis kehamilan, persalinan, nifas, KB serta deteksi dini. Sehingga  dapat menyampaikan kepada Ibu-ibu hamil dengan benar, untuk dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 32 orang kader. Saat kegiatan berlangsung, terlihat  antusias peserta, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir untuk mengikuti pelatihan dan edukasi yang diberikan. 

Kegiatan berjalan secara lancar dan  pertanyaan  yang diajukan peserta sangat bervariatif dan jawaban yang diberikan oleh narasumber mudah dimengerti sehingga isi materi dan jawaban pertanyaan tersampaikan secara tepat. 
 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor : Miko Elfisha
Copyright © ANTARA 2024