Padang (ANTARA) - Managing Online Learning and Academic Stress  diangkat menjadi tema pada zoom "Bincang Sore" yang perdana diadakan Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang (UNP) dengan pemateri Psikolog Zakwan Adri, S.Psi., M.Psi., yang merupakan dosen Jurusan Psikologi UNP.

Zakwan menuturkan bahwa ada banyak isu dalam pembelajaran online yang perlu disesuaikan. Selain itu, bagaimana peran dosen dalam konteks transfer pengetahuaun menjadi isu yang menarik untuk dibahas, di Padang pada 13 Agustus 2020.

"Riset yang ditemukan dari sudut pandang mahasiswa, bahwa teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan dosen, karena ada faktor lain selain transfer of learning," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa pembelajaran online dalam transfer pengetahuan merupakan suatu hal yang bagus serta memberikan dampak positif bagi siswa dan mahasiswa untuk dapat sadar akan teknologi.

Namun, menurutnya biar bagaimana pun teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan guru atau dosen sebagai pengajar. Interaksi bersama guru atau dosen dan pengalaman lansung yang didapatkan secara tatap muka tidak diperoleh lewat pembelajaran online.

Ia menjelaskan bahwa terdapat stres yang berhubungan dengan pembelajaran online, salah satunya yaitu tujuan akademik yang mesti dicapai. 

Hal ini disebabkan oleh perubahan kurikulum yang menyebabkan proses transfer pengetahuan pun mengalami perubahan. Akibatnya proses transfer pengetahuan menjadi tidak matang dan siswa atau pun mahasiswa menjadi bingung dan stres.

“Cara agar stres yang disebabkan oleh pembelajaran onlinedapat menjadi sehat dan terkelola bagi siswa dan mahasiswa salah satu nya adalah menjaga jadwal membaca secara teratur," tutupnya.

Kegiatan Bincang Sore perdana tersebut dibuka secara lansung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, Prof.,Dr. Rusdinal., M.Pd. dan akan menjadi wadah diskusi yang nantinya dapat dilaksanakan setiap minggunya.

Rusdinal menyambut positif diskusi yang diadakan oleh Jurusan Psikologi ini. Selain itu, ia juga mengharapkan diskusi tersebut dapat menjadi wadah bagi masyarakat luas dalam mengkaji lebih lanjut sisi keilmuan yang berkaitan dengan ranah psikologi.

"Diskusi ini dapat menjadi cikal bakal wadah yang diminati oleh masyarakat luas. Menambah motivasi teman-teman mengkaji lebih lanjut dari sisi keilmuan yang diperlukan. Harapan nya wadah ini dapat menunjang kinerja jurusan," ucapnya.

Pewarta : Agung-Mutiara
Editor : Ikhwan Wahyudi
Copyright © ANTARA 2024