Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Padang, Azwar Siri mendukung dilaksanakan program pesantren Ramadhan untuk para pelajar di daerah ini selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah ditengah pandemi COVID-19.

"Kami tetap mendukung pesantren Ramadhan ini walau dirasa kurang efektif karena dilakukan secara daring antara lain melalui WhatsApp Group (WAG) dan media lainnya untuk menyiasati penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," kata Azwar yang menjabat Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang itu di Padang, Selasa.

Menurutnya, kurang efektif juga karena tidak semua peserta didik yang paham menggunakan gadget.

“Akan tetapi setelah melakukan kunjungan dan diusulkan ke Bagian Kesra dan Dinas Pendidikan Padang. Kemudian mekanisme pelaksanaannya telah diubah dengan memanfaatkan media Padang TV, TVRI dan lainnya,” jelas dia.

Ia menyebutkan pesantren Ramadhan bertujuan untuk mengingkatkan pemahaman keagamaan para siswa. Kemudian juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang para siswa yang belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Ia juga berharap pelaksanaan pesantren Ramadhan tersebut tidak menyulitkan orangtua siswa.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Padang memutuskan untuk tetap melaksanakan agenda rutin bagi para pelajar selama bulan puasa yaitu Pesantren Ramadhan namun dengan metode daring untuk menyiasati penerapan PSBB.

Wali Kota Padang, Mahyeldi saat membuka kegiatan secara daring mengungkapkan pelaksanaan pesantren ramadhan tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan pesantren Ramadhan sebelumnya karena saat ini sedang berjangkit COVID-19.

"Jika sebelumnya pesantren Ramadhan berbasis masjid maka sekarang dilaksanakan di rumah masing-masing secara daring," ujarnya.

Ia menyampaikan Pemerintah Kota Padang tetap berkomitmen untuk melaksanakan pesantren Ramadhan agar generasi Islam Kota Padang mendapatkan pemahaman keagamaan yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang, Amriman mengatakan pelaksanaan pesantren Ramadhan sepenuhnya dimulai 27 April hingga 17 Mei 2020 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

"Jadwal pesantren Ramadhan bagi SMP/MTS dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, sedangkan untuk SD/MI dari pukul 10.00-12.00 WIB ," ujarnya.

Ia menjelaskan media yang dipergunakan untuk penyampaian materi pesantren Ramadhan adalah melalui WhatApss Group (WAG), Youtube dan media online serta disiarkan melalui Padang TV dan RRI Padang.

Pewarta : Laila Syafarud
Editor : Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2024