Pelaku UMKM Pauh Duo terima bantuan peralatan

id UMKM Pauh Duo

Pelaku UMKM Pauh Duo terima bantuan peralatan

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Syamsurizaldi

Padang Aro (ANTARA) - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Pauah Duo menerima bantuan peralatan dari Pemkab Solok Selatan yang dibagikan secara maraton.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Syamsurizaldi, di Padang Aro, Kamis, mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari program unggulan Pemerintah Daerah dalam mendukung pertumbuhan sektor UMKM dengan harapan dapat dikelola dengan baik.

"Saya berharap bantuan ini bisa benar-benar meningkatkan aset dan omset para pelaku usaha, kelola dengan baik agar usaha semakin berkembang," ujarnya.

Ia juga mengusulkan pembentukan grup WhatsApp sebagai media evaluasi untuk memantau sejauh mana dampak pemberian bantuan terhadap perkembangan aset dan omset pelaku UMKM.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Akmal Hamdi, mengatakan kegiatan ini merupakan program kedua yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

"Tahun lalu kami juga melaksanakan kegiatan serupa dengan memfasilitasi gerobak kuliner bagi masyarakat yang berdagang di Pujasera Muaralabuh," ujarnya.

Tahun ini katanya, sebanyak 33 gerobak kami serahkan kepada pelaku usaha yang berdagang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Solok Selatan, ditambah peralatan pendukung produksi lainnya.

Ia menambahkan, bahwa sebelum bantuan diserahkan, telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM, proses verifikasi dan validasi data dilakukan oleh OPD terkait, untuk memastikan kelayakan penerima bantuan.

Sebanyak 61 UMKM dari berbagai sektor menerima bantuan tersebut di Pauh Duo, dengan total 36 jenis barang yang diberikan sesuai dengan bidang usaha masing-masing penerima. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para pelaku UMKM.