Empat pasangan bakal calon bupati Pasaman Barat jalani tes kesehatan

id Pemeriksaan kesehatan peserta pilkada,Empat pasangan bakal calon bupati Pasaman Barat,4 pasangan bakal calon bupati Pasa

Empat pasangan bakal calon bupati Pasaman Barat jalani tes kesehatan

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pasaman Barat Yulianto-M Ihpan saat menjalani tes kesehatan dalam tahapan Pilkada 2024 di Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang sejak Jumat (30/8). Antara/HO-KPU Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat telah melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang sejak Jumat (30/8) dan Sabtu (31/8).

Komisioner KPU Kabupaten Pasaman Barat Syarif Hidayatullah di Simpang Empat, Sabtu, mengatakan pemeriksaan kesehatan keempat pasangan calon itu berjalan dengan lancar.

"Tidak ditemukan kendala yang berarti karena pasangan calon ditangani oleh rumah sakit yang sudah teruji," katanya.

Dari empat pasangan calon itu, dua orang melakukan tes kesehatan pada Jumat (30/8), yakni Yulianto-M Ihpan dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Serta Hamsuardi-Kusnadi dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sedangkan dua pasangan lainnya Daliyus K-Heri Miheldi dari Partai Gerindra, PPP, Hanura dan Ummat serta Tuanku Jailani-Syamsul Bahri dari Nasdem dan PDIP melakukan tes kesehatan pada Sabtu (31/8).

Pemeriksaan kesehatan itu berjalan dengan baik dan lancar didampingi oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu dan dari pihak kepolisian.

Menurutnya pemeriksaan kesehatan itu dilakukan mulai kesehatan jasmani, narkotika dan rohani.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan itu nantinya akan diserahkan pihak Rumah Sakit Unand ke KPU Pasaman Barat.

Usai melakukan tahapan pemeriksaan kesejatan maka akan dilanjutkan tahapan lenelitian dan pemeriksaan berkas administrasi bakal calon pada 5-6 September termasuk masukan dan keabsahan berkas bakal calon.

Kemudian penetapan calon tetap pada 22 September dan pengundian nomor urut pada 23 September 2024. ***2***