Prabowo kenakan pakaian adat Cak Surabaya saat upacara HUT RI di IKN

id Prabowo Subianto, pakaian adat prabowo, HUT RI di IKN, Presiden Jokowi

Prabowo kenakan pakaian adat Cak Surabaya saat upacara HUT RI di IKN

Upacara HUT ke-79 RI di IKN. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menhan Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri) mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka HUT Ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom

IKN (ANTARA) - Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto mengenakan pakaian adat khas Cak Surabaya, Jawa Timur, saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam prosesi Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Baju untuk cak yang dikenakan Prabowo berupa beskap lengan panjang berwarna hitam yang dihiasi dengan beberapa aksesoris, terutama di depan dada sebelah kanan.

Aksesoris itu berupa rantai berwarna emas kecil yang nampak menghubungkan bagian kantong kiri ke lubang kancing baju.

Prabowo juga mengenakan udeng atau ikat kepala sebagai penutup kepala bermotif batik warna coklat tua.

Kehadiran Prabowo melengkapi perhelatan upacara yang diselenggarakan di lapangan terbuka yang megah dan penuh dengan ornamen kebangsaan.

Dalam upacara tersebut, Menhan sekaligus Presiden RI Terpilih Prabowo duduk di barisan depan bersama Presiden Joko Widodo di panggung kehormatan yang disiapkan khusus untuk para tamu penting.

Upacara HUT RI di IKN juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi hingga tokoh masyarakat dengan pengamanan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) serta TNI dan Polri.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid), yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka, Jakarta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo kenakan pakaian adat Cak Surabaya saat upacara HUT RI di IKN