Perdana, Pemkab Tanah Datar bakal menggelar Jambore Pertanian

id Pemkab Tanah Datar ,berita tanah datar,berita sumbar

Perdana, Pemkab Tanah Datar bakal menggelar Jambore Pertanian

Bupati Tanah Datar Eka Putra melihat hasil panen masyarakat di daerah itu saat pergelaran Petani Milenial tahun 2022 (ANTARA/Dokumentasi Humas Tanah Datar) 

Batusangkar (ANTARA) - Sukses melaksanakan Program Unggulan (Progul) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pertanian akan menggelar Jambore Pertanian 2024.

Jambore tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM pada 21 dan 22 Agustus 2024.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani di Batusangkar Jum'at, mengatakan Jambore Pertanian tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan dan akan dengan berbagai macam acara.

"Diantaranya adalah temu wicara dengan Bupati, temu agribisnis pelaku usaha sektor pertanian, lomba menyuluh antar Penyuluh Pertanian, lomba asah terampil untuk petani, lomba tanaman buah, hingga pameran produk dan inovasi pertanian dari 14 Balai Penyuluh Pertanian dan hiburan lainnya," kata Sri Mulyani.

Dia mengatakan, kegiatan itu juga menjadi salah satu platform untuk menampilkan capaian pelaksanaan program dan kegiatan, mempromosikan inovasi, pendidikan dan kolaborasi di bidang pertanian dan peternakan.

Meskipun baru perdana akan dilaksanakan, namun kedepannya diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya sebagai wujud komitmen untuk mendukung sektor pertanian di Kabupaten Tanah Datar.

"Sehingga para petani dan masyarakat akan terus mendapatkan dukungan dan bimbingan dalam pengembangan pertanian," kata dia.

Dia mengatakan, Jambore Pertanian 2024 diharapkan menjadi etalase dan titik terang bagi pertanian dan peternakan di Kabupaten Tanah Datar.

Dengan komitmen kuat dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, sektor pertanian akan terus berkembang, serta kesejahteraan petani akan semakin meningkat sesuai dengan tema Jambore Pertanian, yaitu “Pertanian Tangguh, Sobat Tani Sejahtera”.

"Tentunya hal ini juga telah menjadi tindakan konkret Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui beberapa Program Unggulan sektor pertanian," kata dia.