Peringatan HANI 2024 di Padang Panjang bagikan 10 juta bendera

id Puncak HANI di Padang Panjang

Peringatan HANI 2024 di Padang Panjang bagikan 10 juta bendera

Puncak HANI di Padang Panjang disemarakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

Padang Panjang (ANTARA) - Peringatan hari anti narkoba internasional di Kota Padang Panjang Sumatera Barat, di meriahkan dengan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih, musnahkan barang bukti tindak pidana narkoba dan senam bersama untuk menyongsong HUT RI ke 79 di lapangan Khatib Sulaiman Bancahlaweh, Jum'at (28/6).

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih diinisiasi Kementerian Dalam Negeri dan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 17 Agustus 2024.

Kepala BPBD Kesbangpol I Putu Venda, menyebutkan launching Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih diharapkan semakin menggelorakan semangat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan kejahatan narkoba dan meningkatkan rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa di Padang Panjang, Sumatera Barat dan Indonesia.

"Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesadaran nasional, dan merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 nanti. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan sejak dini pada generasi muda Indonesia, khususnya Padang Panjang," kata I Putu Venda.

Ia menjelaskan, peringatan HANI dilaksanakan guna mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, sekaligus bertujuan membangun kesadaran bahwa narkoba adalah barang berbahaya.

Plh. Walikota Padang Panjang Dr. Winarno, M.E, mengatakan generasi muda adalah penerus yang perlu dilindungi dari kejahatan narkoba.

"Penyalahgunaan narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda. Dimulai dari persoalan keluarga atau lingkungan, didorong oleh pergaulan, sifat ingin tahu atau coba-coba," kata dia.

Menurut dia, peringatan HANI sangat penting dilaksanakan karena kejahatan narkoba nyaris tidak pernah reda dari waktu ke waktu. Modus kejahatan narkoba makin beragam. Oleh karena itu semua pihak, terutama generasi muda, perlu disadarkan akan bahaya besar penyalahgunaan narkoba.

"Mari kita sama-sama memberantas narkoba. Jauhkan generasi muda kita dari narkoba. Katakan tidak terhadap narkoba," tegas Winarno.

Ia menambahkan, Kota Padang Panjang, sudah ada beberapa program pencegahan dan pemberantasan kejahatan narkoba. Di antaranya Kelurahan Bersih Narkoba dan Sekolah Bersih Narkoba. Selanjutnya bersama Forkopimda juga dilaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan tersebut dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Dr. Winarno, M.E diikuti Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Kapolres, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, Forkopimda, Dansecata B, kepala Cabang Bank Nagari, pimpinan instansi vertikal, pengurus GANN serta undangan lainnya.