AS kalahkan Bolivia 2-0, Pulisic cetak gol dan assist

id Copa america,AS,Bolivia,Christian Pulisic

AS kalahkan Bolivia 2-0, Pulisic cetak gol dan assist

Pemain AS Christian Pulisic saat pertandingan Grup B Piala Dunia Qatar 2022 melawan Inggris di Stadion Al-Bayt di Al Khor, Doha, 25 November 2022. (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Jakarta (ANTARA) - Amerika Serikat mengawali pertandingan pembuka Grup C Copa America dengan kemenangan 2-0 melawan Bolivia yang digelar di Stadion AT&T, Arlington, Texas, Senin WIB, dengan Christian Pulisic yang bersinar lewat gol pada menit ketiga dan memberikan assist untuk gol Folarin Balogun pada menit ke-44.

Amerika Serikat mendominasi permainan sejak awal laga dengan mencatat 18 sentuhan di dalam kotak penalti lawan pada babak pertama. Sementara Bolivia sama sekali tidak membuat sentuhan di kotak penalti AS dan tak mengancam gawang Matt Turner di 45 menit awal.

Pulisic membuka keunggulan Amerika Serikat saat waktu pertandingan berjalan 2 menit 23 detik yang menjadi gol tercepat tim Amerika dalam 34 pertandingan kompetitif melawan tim dari Amerika Selatan.

Pemain AC Milan itu memainkan tendangan sudut pendek dengan memberikannya kepada Timothy Weah yang mengembalikannya lagi kepada Pulisic dan bergerak menuju kotak penalti.

Pulisic kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Bolivia Guillermo Viscarra dan masuk ke kanan atas gawang.

Balogun menggandakan keunggulan setelah menerima umpan pendek dari Pulisic, mengambil beberapa sentuhan dan melepaskan tembakan rendah kaki kiri yang melewati bek Jesús Sagredo dan masuk ke gawang Viscarra pada menit ke-44.

Di babak kedua, Balogun sebenarnya kembali memasukkan bola ke gawang Bolivia pada menit ke-53, lewat umpan Weah yang menusuk kotak penalti. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Weah dinyatakan offside setelah menerima umpan dari Weston McKennie yang ditinjau dari VAR.

Ricardo Pepi yang masuk pada menit ke-65 sempat mengancam gawang Bolivia dua kali, yaitu pada menit ke-79 dan menit ke-90. Bahkan Pepi memiliki peluang emas di akhir laga dengan dua kali tembakan beruntun, namun Viscarra menggagalkan tembakan tersebut dengan membuat dua penyelamatan beruntun.

AS bermain lebih dominan dengan melepaskan 20 tembakan, dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang. Berbanding dengan Bolivia yang hanya mencatat enam tembakan dengan tiga mengarah ke gawang. AS juga dominan dalam penguasaan bola dengan 61 persen dan Bolivia 39 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AS kalahkan Bolivia 2-0, Pulisic cetak gol dan assist