Tanah Datar dikepung banjir

id Tanah Datar dikepung banjir,Berita tanah datar,Berita sumbar

Tanah Datar dikepung banjir

Banjir di Kabupaten Tanah Datar Tanah SeninĀ 

Batusangkar (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya pada Senin, (8/4) sore mengakibatkan sejumlah sungai di daerah itu meluap.

Akibatnya permukiman masyarakat di beberapa Kecamatan di Tanah Datar terendam banjir dan merusak sejumlah infrastruktur.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin, mengimbau masyarakat di daerah itu untuk selalu waspada terhadap potensi bencana banjir karena saat ini beberapa sungai debit air nya naik akibat hujan yang terus-menerus.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan disaat musim hujan khususnya bagi warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai yang berhulu langsung dari Gunung Marapi," kata dia.

Selain itu, camat diminta untuk berkoordinasi intensif dengan seluruh pihak untuk menghimpun data.

"Segera himpun data kerusakan infrastruktur, lahan pertanian, rumah warga, termasuk korban jiwa dan hewan ternak," kata dia.

Pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten dan Forkopimda terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan segala pihak untuk penanganan bencana banjir yang terjadi di Tanah Datar.

Semua diminta menjaga suasana tetap kondusif, jangan menyebarkan berita hoaks, tidak terpancing oleh informasi yang tak jelas sumbernya, serta selalu memperhatikan arahan dari pihak yang berwenang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar Zul Doni Putra mengatakan informasi sementara sejumlah Nagari terdampak bencana banjir akibat luapan sungai.

Meliputi Nagari Panyalaian dan Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, Nagari Tanjuang Sungayang Kecamatan Sungayang, Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Nagari Tanjung Alam, Nagari Tanjung Alam dan Barulak Kecamatan Tanjung Baru, dan lainnya.