Arus mudik di Pasaman Barat meningkatkan H-2 Lebaran 2024

id Arus mudik di Pasaman Barat

Arus mudik di Pasaman Barat meningkatkan H-2 Lebaran 2024

Aktifitas di Terminal Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat mulai meningkat dua hari atau H-2 jelang Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mencatat arus mudik dua hari menjelang Lebaran 2024 atau H-2 mengalami peningkatan dari hari biasanya.

"Pantauan kita di Terminal Simpang Empat dan di lapangan arus mudik meningkat antara 30 sampai 45 persen dibandingkan hari biasa," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan peningkatan terutama arus kedatangan baik itu pemudik yg berada dalam propinsi maupun pemudik yang datang dari luar Provinsi Sumatera Barat, seperti Provinsi Sumut dan Provinsi Riau.

Menurutnya peningkatan arus mudik itu ditandai dengan bertambahnya trayek sejumlah kendaraan terutama jumlah kedatangan.

Ia mencontohkan PT. ALS menambah armadanya yang biasanya satu unit per hari sekarang menjadi sua unit per hari.

"Dua unit datang dan sua unit berangkat. Demikian juga dengan pemudik dari Riau

untuk moda transportasi angkutan lebaran mulai meningkat, baik arus dari Pasaman Barat ke luar Pasaman Barat maupun yang datang ke Pasaman Barat," sebutnya.

"Diperkirakan puncak arus mudik diperkirakan H -1 yang jatuh pada Selasa (9/4)," ujarnya.

Selain jumlah keberangkatan angkutan umum, kendaraan pribadi nomor polisi dari luar daerah yang mulai berdatangan.

Menurutnya jalan lintas Pasaman Barat sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik dibandingkan jalur lintas lainnya seperti Padang-Bukittinggi.

Namun biasanya arus mudik baru meningkat H-2 dan H-1 lebaran.

Ia menyebutkan pada umumnya para pemudik dalam provinsi pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat.

"Kita akan terus pantau arus mudik ini. Kepada pemudik diimbau agar tetap hati-hati dan memakai kelengkapan berkendaraan," ujarnya.

Menurutnya pihaknya bersama unsur terkait juga tergabung dalam posko pelayanan wilayah tersebut untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pos pelayanan katanya berada di Kinali, Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman dan Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Di pos pelayanan itu juga bergabung dengan unsur polisi lalu lintas, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polres, Dinas Pekerjaan Umum dan unsur terkait lainnya.

"Pos itu itu bertujuan untuk memantau semua kegiatan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. Selain itu untuk memantau arus mudik, balik, kemacetan dan mencegah kejahatan selama lebaran," ujarnya.

Pihaknya juga menurunkan personel di pos keamanan objek wisata di Pantai Sasak, Sikabau dan Pantai Air Bangis. ***1***