Kwarcab 0308 Pasaman gelar Pesantren Ramadhan

id Kwarcab 0308 Pasaman ,berita pasaman,berita sumbar

Kwarcab 0308 Pasaman gelar Pesantren Ramadhan

Bupati Pasaman, Sabar AS selaku Kepala Kwarcab 0308 Pasaman, membuka pesantren Ramadhan di Masjid Al Ikhkas Tanjuang Beringin Lubuk Sikaping, Senin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Kwarcab 0308 Pasaman melaksanakan pesantren Ramadhan dalam rangka melaksanakan Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menuju daerah Pasaman Berimtaq.

Ada 446 orang anggota Pramuka dari perwakilan sekolah se kecamatan Lubuk Sikaping ikuti Pesantren Ramadhan yang dibuka langsung oleh Bupati Pasaman, Sabar AS selaku Kepala Kwarcab 0308 Pasaman, di Masjid Al Ikhkas Tanjuang Beringin Lubuk Sikaping, Senin.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pasaman, Kamabiran kecamatan Lubuksikaping, Korlap KUA / Pemateri Pesantren Ramadhan Korwil Pendidikan Kecamatan Lubuksikping, Kamabigus SD, SMP/ Mts, SLTA/MA sekecamatan Lubuk Sikaping, serta Pembina Pramuka.

Untuk peserta Pesantren ramadhan di ikuti oleh Pramuka siaga 2 pa 2 pi persekolah, Pramuka penggalang SD 2 pa dan 2 pi, sementara untuk peserta Pramuka penggalang 5 pa, 5 pi, dan Pramuka Penggerak 10 pa dan 10 pi.

Sementara peserta Siaga dan penggalang SD berjumlah sebanyak 296 dari 37 sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping. Disamping itu untuk penggalang SMP/ SLTP berjumlah 70 orang dari 7 sekolah yang ada, dan Penegak berjumlah 100 orang dari 5 sekolah.

Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 3 wilayah, untuk wilayah 1 berjumlah 182 peserta bertempat di Masjid Al Ikhlas Tanjung Beringin. Wilayah 2 berjumlah sebanyak 160 peserta bertempat di Masjid Taqwa Pauh dan untuk wilayah 3 bertempat di Masjid Jami'turahman sungai pandahan.

Seluruh kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 25 sampai 27 Maret 2024. Selaku pemateri dari kantor KUA dan Penyuluh agama Kecamatan Lubuk Sikaping.

Bupati Pasaman, Sabar AS selaku Kepala Kwarcab 0308 Pasaman mengatakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan ini hendaknya bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap generasi muda.

"Terutama terhadap peserta Pesantren Ramadhan ini. Hal ini merupakan salah satu wujud dari program pemerintah yaitu Pasaman berimtaq," kata Sabar AS.

Dalam perjalananya Kwarda Sumbar telah memberikan penghargaanya terhadap Pasaman sebagai Kwarcab tergiat di Sumatera Barat.

"Hal ini patut kita pertahankan dan kita tingkatkan," ungkap Sabar AS.