Tim VI safari ramadhan Dharmasraya kunjungi Simalidu, nagari batas Sumbar-Jambi

id safari ramadhan Dharmasraya,Masjid Al-Mahmuda Jorong Salam Baru

Tim VI safari ramadhan Dharmasraya kunjungi Simalidu, nagari batas Sumbar-Jambi

Tim VI Safari Ramadhan menyerahkan bantuan secangkir simbolis ke pengurus Masjid Al-Mahmuda Jorong Salam Baru, Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, Jumat (22/3/2024). (ANTARA/Ilka Jensen) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Tim VI Safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengunjungi Nagari Simalidu yang secara geografis nagari tersebut berbatasan dengan Desa Teluk Lancang, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo, Jambi, Jumat (22/3) malam.

Safari Ramadhan tim VI dipimpin Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah (BKD) Asril AP, diawali dengan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah, di Masjid Al-Mahmuda Jorong Salam Baru, Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, dan selanjutnya bersilaturahmi dengan masyarakat.

Menurut Asril, selain dalam rangka silaturahmi kunjungan Safari Ramadhan pemkab Dharmasraya merupakan sarana menampung aspirasi warga dan menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

"Malam ini tim safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya secara serentak mengunjungi masyarakat di 52 nagari. Alhamdulillah kami bersama tim ditunjuk untuk dapat bersilaturahmi dengan bapak ibu malam ini," katanya.

Dihadapan masyarakat, ia mengemukakan beberapa pencapaian pembangunan Dharmasraya, salah satunya Dharmasraya berhasil berada di peringkat pertama kinerja pemerintah daerah di Sumbar berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2023, dengan meraih nilai tertinggi dengan skor 3,5036

Secara nasional, berdasarkan EPPD 2023, Dharmasraya bertengger di peringkat sembilan kinerja pemda untuk kategori kabupaten. Dharmasraya menjadi satu-satunya pemda di Sumbar yang masuk 10 besar terbaik dari 414 kabupaten di Indonesia.

"Kemudian, presentase masyarakat yang mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan sudah mencapai 98 persen. Dengan capaian ini Dharmasraya mendapatkan predikat Universal Healthy Coverage (UHC). Artinya, Pemkab Dharmasraya telah berhasil memberikan jaminan kesehatan hampir untuk seluruh warganya," katanya.

Melaui tim safari Ramadan, Pemkab Dharmasraya mengimbau agar masyarakat mengurangi perilaku konsuntif dalam upaya mencegah inflasi selama Bulan Suci Ramadhan, kemudian tetap waspada saat meninggalkan rumah, perhatikan kompor dan aliran listrik. Mengaktifkan ronda malam atau pos kamling sebagai antisipasi terjadinya tindak kejahatan dan kriminal lainnya.

Sementara, Wali Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Saleh menyampaikan terimakasih atas kunjungan tim safari kabupaten ke nagari tersebut. .

"Pertama kami mengucapkan selama datang, terimakasih telah berkunjung dan bertemu dengan masyarakat. Perlu kami sampaikan Simalidu adalah nagari yang berbatas lansung dengan Jambi. Sebagian besar masyarakat kami bekerja sebagai petani sawah," ujarnya.

Melalui TIm XI Safari Ramadhan Pemkab Dharmasraya menyerahkan bantuan berupa tikar, al quran, rekal , dan voucher bantuan masjid Rp10 juta.

Tim XI Safari Ramadhan Dharmasraya, beranggotakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Yefrinaldi (Ketua), Kepala Dinas BKD Asril AP, Plt Kepala Dinkse Yosta Defina, Irban Wilayah I Latifa Arifin, Kabid Praskel Dishub Yohanes, Kabid Koperasi UMKM Mukhlis, bagian Kesra Shelvi, media, dan beberapa anggota tim lainnya.